Lifestyle

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet

Dietmu bisa jadi berantakan karenanya.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi diet / pexels.com
Ilustrasi diet / pexels.com

Dewiku.com - Diet terbaik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain mengatur pola makan, butuh olahraga teratur juga.

Namun, mungkin kamu termasuk orang yang heran karena tubuh tidak mengalami perubahan signifikan setelah sekian lama diet. Gumpalan lemak tetap saja tidak mau pergi dari tubuhmu.

Jangan menyerah dulu. Coba koreksi lagi program dietmu. Bisa jadi kamu melakukan beberapa kesalahan umum yang bikin diet jadi tidak maksimal berikut ini.

1. Makan terlalu sedikit

Ilustrasi makan terlalu sedikit saat diet / pexels.com
Ilustrasi makan terlalu sedikit saat diet / pexels.com

Banyak yang berpikir, kalau ingin menurunkan berat badan harus makan sedikit atau malah tidak makan sekalian. Padahal, tubuh tetap membutuhkan kalori untuk beraktivitas sehari-hari. Konsep yang benar adalah tetap kenyang mengonsumsi makanan berserat tinggi, mengandung karbohidrat kompleks, dan protein.

2. Mengonsumsi minuman dengan kalori yang tidak berguna

Ilustrasi minuman manis dan bersoda / pexels.com
Ilustrasi minuman manis dan bersoda / pexels.com

Kamu banyak minum karena nggak mau ngemil. Tapi minuman yang pilih malah minuman bersoda, minuman penambah energi, sirup buah, atau minuman lain yang mengandung gula. Alasannya sih biar tetap punya tenaga.

Girls, peningkatan kadar gula dalam tubuh dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Kelebihan gula juga akan meningkatkan penimbunan lemak di dalam tubuh. Diet apanya itu?

3. Melupakan pentingnya mengonsumsi lemak baik

Ilustrasi kacang almond / pexels.com
Ilustrasi kacang almond / pexels.com

Tubuh juga butuh lemak lho. Namun, yang dimaksud adalah lemak baik seperti lemak tak jenuh dan lemak nabati yang antara lain bisa didapat dari minyak ikan dan kacang-kacangan. Lemak baik itu penting saat diet karena cukup efektif untuk membantu mengontrol rasa lapar.

4. Kurang minum air putih

Ilustrasi minum air putih / pexels.com
Ilustrasi minum air putih / pexels.com

Kalau kamu malas minum air putih, ginjal jadi tidak bisa bekerja optimal. Dietmu jadi nggak bisa dibilang sehat deh. Kebiasaan minum air putih bisa membantu memangkas asupan kalori ke dalam tubuh. Misalnya, minum air putih sebelum makan akan membuat lebih cepat kenyang sehingga porsi makan otomatis berkurang. Konsumsi air putih juga berperan penting dalam memperlancar metabolisme tubuh.

5. Tidak ada sesi makan snack sehat

Ilustrasi camilan sehat untuk diet / pexels.com
Ilustrasi camilan sehat untuk diet / pexels.com

Sangat wajar kalau kamu merasa lapar di antara jam makan. Nah, salah kaprah kalau kamu kemudian memilih snack yang banyak mengandung garam atau gula untuk mengganjal perut. Meskipun makannya tidak banyak, hal itu akan memicu tubuh untuk mengubahnya menjadi lemak sehingga berantakan sudah dietmu.

Kamu boleh mengemil untuk menghindari rasa lapar dan defisit kalori. Tapi pastinya yang sehat dan banyak serat, misalnya buah-buahan.

Berita Terkait

Berita Terkini