5 Manfaat Tidur Tanpa Busana yang Harus Kamu Tahu

Tidur tanpa busana masih dianggap tak biasa oleh sebagian orang. Namun, siapa sangka tindakan ini ternyata punya manfaat bagi tubuhmu?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 04 Juli 2018 icon 13:46 WIB
5 Manfaat Tidur Tanpa Busana yang Harus Kamu Tahu

Tidur tanpa busana punya banyak manfaat/DIY Health Academy

Siapa bilang tidur tanpa busana tak punya manfaat? Mungkin masih banyak yang merasa aneh dan tak nyaman jika tidur tak memakai busana.

Bisa jadi karena belum terbiasa, makanya kamu merasa tidur tanpa busana merupakan hal aneh. Padahal kenyataannya justru terbalik. Tidur tanpa busana bisa mendatangkan banyak manfaat.

Dilansir dari laman Steptohealth, Dewiku.com punya 5 manfaat tidur tanpa busana yang harus kamu tahu.

1. Tidur makin nyenyak

Tidur tanpa busana/Lifehack
Tidur tanpa busana/Lifehack

Tak peduli seberapa tipis pakaianmu, saat kamu memakai baju, maka ruang gerakmu saat tidur menjadi terbatas. Nah, tidur tanpa busana membuat kamu makin nyenyak sehingga tidurmu bisa lebih pulas.

Meskipun efek ini sering diabaikan, justru tindakan ini bisa menghasilkan respon tak sadar yang berguna bagi tubuh.

2. Cegah infeksi jamur

Suhu tubuhmu akan lebih rendah jika kamu tidur tanpa busana. Akibatnya, bakteri menjadi lebih sulit untuk bertahan hidup di tubuhmu.

Dengan begitu, kemungkinan risiko terinfeksi jamur menjadi lebih kecil. Bahkan selama musim dingin, kamu disarankan untuk tetap tak berpakaian saat tidur.

3. Kalori lebih banyak terbakar

Cocok banget nih buat kamu yang ingin turunkan berat badan. Pasalnya, tubuhmu didinginkan dengan cara mengaktifkan hormon untuk menghasilkan panas tubuh.

Dengan cara ini, tubuh membakar energi sehingga ini menjadi salah satu jalan terbaik untuk menurunkan berat badan.

4. Terlihat lebih muda

Tidur tanpa busana/Everyday Health
Tidur tanpa busana / Everyday Health

Tidur tanpa busana berkaitan dengan tingkat suhu tubuh yang lebih rendah. Suhu dingin melindungi sel-sel tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Hormon melatonin punya peran penting di sini. Hormon inilah yang bertanggung jawab mencegah degenerasi sel. Hormon ini juga meningkatkan kualitas tidurmu.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Pakaian yang kamu pakai secara tidak langsung akan menghambat jalannya sistem peredarah darah. Hal ini akan memengaruhi sistem kardiovaskular.

Itulah sebabnya, tidur tanpa busana merupakan proses pemulihan aliran darah.

Jangan lupa dicoba mulai malam ini ya, Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI