Lima Mitos Diet yang Harus Segera Kamu Lupakan

Diet perlu dilakukan dengan benar, jangan lagi percaya pada mitos diet yang malah berefek buruk.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 04 Juli 2018 icon 20:21 WIB
Lima Mitos Diet yang Harus Segera Kamu Lupakan

Ilustrasi camilan sehat untuk diet / pexels.com

Menuju berat badan ideal yang diinginkan memang kadang nggak semudah berangan-angan. Diet pun menjadi salah satu cara yang dipilih. Tapi karena saking obsesinya, banyak yang masih mempercayai mitos-mitos soal diet.

Berikut Dewiku.com rangkum mitos diet yang masih dianggap fakta, dan tentu saja harus segera kamu lupakan!

1. Diet = Lapar

Anggapan ini sama sekali nggak benar. Diet dengan cara menahan lapar sampai kelaparan justru memunculkan keinginan craving (nyidam) membuat kita ingin makan lebih banyak saat waktu makan tiba. Selain itu, melewatkan makan selama berjam-jam dapat menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak massa otot dibanding lemak.

2. Rendah lemak = sehat

Belum tentu. Karena bisa saja makanan rendah lemak mengandung bahan lain seperti gula yang lebih tinggi. Maka dari itu jangan cepat tergiur. Cermati dulu bahan-bahan di kemasan.

pinterest.com
pinterest.com

3. Karbohidrat bikin gemuk

Padahal jika dikonsumsi secukupnya, karbohidrat nggak akan bikin gemuk. Karena bagaimanapun juga karbohidrat akan diolah menjadi energi. Yang perlu dihindari adalah karbohidrat sederhana seperti gula pasir, sirup, coklat, biskuit dan sejenisnya yang punya lemak jenuh.

4. Susu kacang lebih baik dari susu

Kenyataannya, susu sapi lebih banyak mengandung protein dan mineral dibanding susu kacang. Jadi kalau kamu menginginkan lebih banyak gizi, sebaiknya pilih susu sapi. Susu kacang adalah alternatif sumber susu bagi mereka yang intoleran terhadap lactobacillus di dalam susu sapi.

Soymilk/pinterest.com
Soymilk/pinterest.com

 

5. Makin lama olahraga makin cepat kurus

Mitos terakhir ini paling banyak dipercaya. Padahal menurunkan berat badan nggak bisa dilakukan secara drastis, melainkan perlu konsistensi. Yang perlu dilakukan adalah memilih jenis olahraga yang tepat, agar diet yang kamu lakukan itu sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI