Lifestyle

Deretan Cara Hemat untuk Kamu yang Doyan Belanja

Belanja bisa tetap menyenangkan kok walau budget mesti ditekan.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Shopping. (Pexels)
Shopping. (Pexels)

Dewiku.com - Cewek dan aktivitas belanja nampaknya nggak bisa terpisahkan. Apalagi saat ini menjamur online shop yang memberi kemudahan dalam berbelanja. Tapi nggak jarang jatuhnya malah boros dan tabunganmu jebol. Untuk menyiasatinya, berikut Dewiku.com sudah rangkum cara hemat untuk kamu yang suka belanja. Check it out!

1. Bandingkan harga

Selalu cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum beli barang yang diincar, terutama harganya. Bandingkan harga barang yang ingin dibeli di beberapa tempat berbeda. Namun jangan lupa cek keaslian barang, reputasi dan ongkos kirim kalau ada. Kalau totalnya lebih murah dari toko sebelah, go for it!

Shopping. (Pexels)
Shopping. (Pexels)

2. Beli barang second

Barang bekas nggak melulu buruk kok. Kalau budgetmu terbatas kamu bisa pakai alternatif satu ini. Banyak banget kok yang menjual barang bekas dengan kondisi yang sangat bagus dan layak digunakan.

3. Hindari belanja pakai kartu kredit

Biasakanlah untuk selalu membawa uang cash dalam dompet. Batasi penggesekan kartu kredit, gunakan kalau benar-benar perlu saja ya.

Shopping. (Pexels)
Shopping. (Pexels)

4. Jangan beli pakaian atau barang lainnya saat liburan

Kalau dana terbatas sebaiknya jangan menghabiskan masa liburan untuk membeli banyak barang. Karena biasanya barang tersebut kurang dibutuhkan. Nikmati saja libur kamu dengan berjalan-jalan tanpa harus belanja kebutuhan yang nggak perlu.

5. Buat anggaran belanja yang realistis

Hal sepele tapi efektif ini sering dilupakan. Pastikan kamu beli kebutuhan utama terlebih dulu. Setelah semuanya terpenuhi, baru sisanya silakan gunakan untuk membeli yang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini