Lifestyle

Hati-hati ya, 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Mata

Jangan sampai kebiasaan itu bisa merusak mata kamu, ya.

Rendy Adrikni Sadikin | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi mata. (Pinterest)
Ilustrasi mata. (Pinterest)

Dewiku.com - Mata adalah salah satu organ tubuh penting yang kita miliki. Coba bayangkan tidak mempunyai mata, kita tidak bisa melihat hal-hal yang indah di dunia ini. Jadi, merawat mata itu sangat penting, tapi sadar nggak ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak mata. Serem kan?

Kamu sering mengalami mata berair, kering atau gatal? Kemungkinan penyebabnya adalah faktor lingkungan sekitar, tapi bisa juga karena kebiasaan kamu, lho. Apa aja sih kebiasaan yang bisa merusak mata kita? Simak di bawah ini yuk.

1. Terlalu sering menatap layar kaca

Ilustrasi stalking media sosial mantan / Unsplash.com
Ilustrasi bermain handphone. (Unsplash)

Nggak hanya layar kaca tv, laptop, atau komputer, terlalu sering menatap layar kaca handphone juga bahaya, lho. Saat kita terlalu fokus menatap layar kaca, kedipan mata akan berkurang. Ini bisa menyebabkan produksi air mata berkurang yang bisa menyebabkan mata kering dan lelah.

2. Kurang tidur

Ilustrasi tidur / pexels.com
Ilustrasi tidur. (Pexels)

Ternyata kurang tidur juga berdampak pada kesehatan mata. Mata akan menjadi lelah dan kering.

3. Menggunakan obat tetes mata berlebihan

Ilustrasi kantung mata
Ilustrasi mata. (Pexels)

Memang menjadi penolong mata kita saat sedang kering, namun terlalu sering memakai obat tetes mata juga bisa menyebabkan iritasi, lho. Selalu perhatikan petunjuk penggunaannya, ya.

4. Menggunakan lensa kontak ketika tidur dan mandi

bulu mata/ointerest.com
Ilustrasi mata. (Pinterest)

Kebiasaan ini adalah salah satu kebiasaan buruk lho, girls. Selain bisa menimbulkan iritasi, itu juga bisa membuat bakteri mudah masuk ke dalam mata. Dampak paling buruk adalah kebutaan, serem kan? Harus hati-hati ya dalam memakai lensa kontak.

Berita Terkait

Berita Terkini