5 Tanda Kamu Mesti Secepatnya Periksa Mata ke Dokter

Jangan anggap remeh tanda-tanda mata tidak sehat berikut ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 24 Juli 2018 icon 17:18 WIB
5 Tanda Kamu Mesti Secepatnya Periksa Mata ke Dokter

Pinterest.com

Apakah kamu salah satu orang yang bekerja di depan layar komputer sepanjang waktu? Wah, itu tandanya kamu harus ekstra perhatian pada kesehatan mata. Kalau penglihatan terganggu, otomatis produktivitas kerja pun ikut terganggu kan?

Nah, kalau kamu mengalami beberapa tanda berikut ini, bisa jadi kamu sedang mengalami masalah serius. Artinya, kamu mesti segera periksa mata ke dokter.

1. Penglihatan kabur secara tiba-tiba

Baca Juga: 4 Bahan Alami Ini Ampuh Kencangkan Kulit di Area Mata

Penglihatan yang tiba-tiba menjadi kabur dapat mengindikasikan adanya masalah pada aliran darah ke mata atau ke otak. Kalau sering terjadi, itu bisa menjadi gejala dari beberapa masalah kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes hingga stroke.

Pinterest.com
Pinterest.com

2. Seperti melihat benda melayang

Sering mengalami hal ini? Gejala ini terbilang cukup serius karena kemungkinan ada robekan di retina mata, yakni berupa ablasi atau lubang pada retina. Kamu tentu memerlukan diagnosa lebih lanjut dan melakukan kontrol dengan dokter spesialis mata karena dapat mengarah pada kebutaan.

Baca Juga: Jadikan Matamu Terlihat Lebih Besar dengan 6 Trik Ini

3. Penglihatan ganda

Kalau kamu mengalami penglihatan ganda, bisa jadi ada yang nggak beres dengan otot mata. Kacamata mungkin bisa membantu sementara, tapi lebih baik periksakan lebih lanjut.

4. Mata merah

Mata merah merupakan masalah yang biasa terjadi. Tapi kalau gejalanya terus menerus, bisa jadi kamu menderita konjungtivitis atau infeksi pada membran mata. Konjungtiva sendiri adalah lapisan tipis pada jaringan yang menutupi bagian putih mata.

Pinterest.com
Pinterest.com

5. Ada cincin di sekitar kornea

Lingkaran abu-abu di sekitar kornea merupakan timbunan lemak. Jika kamu berusia di atas 40 tahun, hal ini wajar. Tapi jika kamu berusia di bawah 40 tahun, gejala ini bisa menjadi tanda memiliki kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

6. Kelopak mata turun

Baca Juga: 5 Kesalahan Populer Pakai Maskara

Ketika memasuki usia lanjut, tendon pada mata yang berfungsi membuka tutup kelopak mata akan mengalami peregangan. Tapi jika di usia muda sudah mengalami kelopak mata yang menurun, bisa mengindikasikan kerusakan pada saraf atau jaringan mata.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI