Tips Mudah Menata Dapur Minimalis di Rumah

Banyak keuntungan yang bisa didapat kalau kamu punya dapur minimalis.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 10 September 2018 icon 16:28 WIB
Tips Mudah Menata Dapur Minimalis di Rumah

Ilustrasi memasak bersama. (Pexels)

Semua ruangan di rumah tentu memiliki peran penting masing-masing. Begitu pula dengan dapur yang menjadi biasanya menjadi pusat penyimpanan dan pengolahan bahan makanan. Namun, banyak yang masih kebingungan saat harus menata dapur. Bagaimana caranya menciptakan dapur minimalis biar segalanya terasa praktis?

Bayangkan suatu pagi kamu mesti menghadapi keribetan saat menyiapkan sarapan untuk keluarga. Entah kenapa kamu sulit menemukan bahan makanan atau alat masak tertentu sehingga malah bikin badmood.

Situasi seperti itu sebenarnya bisa saja dihindari jika kamu menerapkan konsep dapur minimalis. Pemandangan di dapur akan lebih nyaman untuk dilihat juga.

Berikut adalah 5 tips mudah menciptakan dapur minimalis di rumah.

1. Singkirkan microwave

Kamuu mungkin berpikir bahwa memiliki microwave di rumah adalah jawaban sempurna atas segala pertanyaan mengenai efisiensi waktu di dapur. Semuanya akan lebih praktis.

Namun, tahukah kamu kalau microwave kemungkinan belum tentu kamu gunakan setiap hari? Jadi hanya memakan banyak ruang di dapur, kan?

Mengandalkan microwave ternyata juga kurang baik bagi kesehatan. Kebiasaan menghangatkan makanan dengan cepat akan membuatmu tergantung pada makanan beku atau sisa masakan semalam untuk sarapan.

Kalau memang tidak bisa melepaskan microwave, cobalah untuk memanfaatkan ruang di kitchen set. Umumnya, kitchen set hasil modifikasi jasa desainer interior dapat memberikan ruang khusus untuk perangkat tertentu, seperti microwave, kulkas, hingga tabung gas.

Microwave di dapur. (Pexels)
Microwave di dapur. (Pexels)

2. Hanya simpan benda yang sering digunakan

Cobalah membuat catatan yang berisi daftar benda yang sering digunakan dan yang tidak digunakan dalam satu bulan terakhir. Dari situ, kamu bisa mengetahui benda apa saja yang benar-benar dibutuhkan keberadaannya di dapur.

Intinya? Simpan barang yang digunakan setiap hari dan segera singkirkan yang tak terpakai dalam satu bulan terakhir.

Barang yang tak digunakan selama sebulan terakhir bisa dijual kembali sebagai tambahan penghasilan keluarga. Kalau kamu berpikir masih akan menggunakan benda tersebut suatu hari nanti, simpan saja sementara di gudang, bukan dapur.

3. Tambahkan troli untuk memudahkan pergerakan di dapur

Pernah berpikir menyediakan tropi di dapur rumah? Dengan troli, kamu nggak perlu mengangkat barang yang berat atau bolak-balik ke meja makan dan bak cuci untuk memindahkan peralatan makan yang kotor.

Cukup sediakan troli beroda dan bertingkat untuk mempermudah kerjamu.

Koleksi panci serbaguna. (Pexels)
Koleksi panci serbaguna. (Pexels)

4. Hindari mengoleksi alat yang tak diperlukan

Hampir mirip seperti poin kedua tapi ada perbedaan tipis. Kali ini kamu disarankan untuk menghindari pembelian benda yang tidak dibutuhkan.

Ada banyak benda yang bisa saja Anda beli dengan keputusan spontan, bukan karena butuh. Beberapa benda itu, misalnya alat pemotong bawang dan pengupas buah. Kamu bisa menggunakan pisau biasa saja, kan?

Ada juga alat elektronik yang tampak praktis tapi sebenarnya tidak dibutuhkan, misalnya juicer. Fungsinya bisa digantikan blender, kan?

5. Pilih alat yang serbaguna

Jika selama ini kamu punyahobi mengoleksi aneka wajan dan panci, coba diredam dulu demi dapur minimalis serta jauh dari kata berantakan dan terlalu penuh. Kamu hanya perlu memiliki wajan dan panci serbaguna.

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul 5 Tips Mudah Ciptakan Dapur Minimalis di Rumah

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI