Lifestyle

Susah Tidur Cepat? Coba Metode Berikut

Kamu bakal terlelap dalam waktu singkat!

Rendy Adrikni Sadikin | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi tidur / Pexels.com
Ilustrasi tidur / Pexels.com

Dewiku.com - Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami susah tidur cepat. Sudah berbaring di kasur pada pukul 9 tapi baru bisa benar-benar tidur pukul 12.

Kalau hal itu terjadi padamu juga, coba deh teknik tidur dari militer Amerika yang bakal membuatmu terlelap hanya dalam hitungan menit!

Dilansir dari Teen Vogue, ada banyak alasan ilmiah mengapa seseorang bisa sulit tidur di malam hari. Namun ada sebuah metode yang digunakan oleh militer Amerika Serikat yang dilaporkan mampu membantu tertidur dalam waktu 120 detik dan memiliki tingkat keberhasilan 96 persen. Dengan catatan, setelah enam minggu rutin latihan.

Metode itu pertama kali dijabarkan dalam sebuah buku tahun 1981 berjudul Relax and Win : Championship Performance, oleh Lloyd Bud Winter.

Ilustrasi sulit tidur nyenyak. (Unsplash)
Ilustrasi sulit tidur nyenyak. (Unsplash)

 

Metode tersebut punya dua langkah. Pertama, jernihkan pikiran sepenuhnya.

Untuk menjernihkan pikiran, buku ini menyarankan untuk terlebih dahulu mengendurkan otot-otot di wajah, termasuk lidah, rahang, dan otot-otot di sekitar mata.

Kemudian jatuhkan bahu serendah mungkin dan kendurkan lengan atas dan bawah secara bergantian. Selanjutnya, bernapas dan rilekskan dada baru kendurkan kaki, paha, kemudian betis.

Langkah kedua, setelah mencoba untuk menjernihkan pikiran adalah membayangkan salah satu dari tiga gambar ini: berbaring di sebuah kano di danau yang tenang dengan langit biru, meringkuk di tempat tidur gantung beludru hitam di ruang gelap gulita, atau mengulangi ucapan, ''Jangan berpikir, jangan berpikir'' selama 10 detik.

Metode ini diklaim bisa bekerja untuk semua orang. Kalau nggak memberi perubahan, National Sleep Foundation menyarankan untuk menetapkan waktu tidur dan bangun yang teratur, menjaga kamar tetap sejuk, tenang, dan gelap.

Selain itu juga menghindari kafein, nggak makan minum atau berolahraga dalam beberapa jam sebelum tidur serta menyingkirkan smartphone, laptop, dan layar lainnya satu jam sebelum mencoba untuk tidur.

Meski metode di atas terdengar agak mustahil, nggak ada salah untuk dicoba. Sebab kurang tidur punya segudang dampak negatif, seperti mudah marah, sulit berkonsentrasi dan memicu tumbuh jerawat.

Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini