Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Indikator Kekurangan Vitamin

Jangan disepelekan, ya. Pastikan tubuhmu nggak kekurangan vitamin.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 04 Oktober 2018 icon 18:19 WIB
Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Indikator Kekurangan Vitamin

Ilustrasi mata. (Unsplash/Allef Vinicious)

Kurang asupan vitamin dalam tubuh bisa berakibat fatal, lho. Salah satunya adalah daya tahan tubuh yang menurun. Jika sudah begitu, penyakit bakal mudah menyerang. Bicara tentang vitamin, ternyata bagian tubuh ini bisa jadi indikator bila tubuhmu kekurangan vitamin.

Bagian tubuh yang mana saja, ya?

1. Kulit wajah

Baca Juga: Ini Cara Mudah Dapatkan Kulit Mulus dengan Masker Jagung

Jika kulit wajahmu terlihat kusam, bisa jadi kamu sedang kekurangan asupan vitamin B12. Ciri paling mencolok ketika tubuh kurang vitamin B12 adalah kulit yang pucat dan tubuh mudah lelah.

Agar terhindar dari kondisi ini, kamu harus rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12, seperti salmon dan daging merah.

Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Chloe Holliday)
Ilustrasi wajah pucat. (Unsplash/Chloe Holliday)

2. Bibir dan gusi

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Perawatan Kulit Ini

Bibir dan gusi adalah bagian tubuh yang paling jujur, lho. Jadi ketika kamu kekurangan vitamin, dua bagian tubuh ini segera menunjukkannya dengan cara sederhana, seperti sariawan dan bibir pecah-pecah.

Solusinya tentu saja memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Jambu biji dan paprika adalah dua bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari buah jeruk.

3. Rambut

Jika kamu kurang asupan vitamin B7, rambut akan rontok dan menjadi kusam. Kadar biotin atau vitamin B7 yang rendah bisa menyebabkan rambut kian menipis dan kuku yang semakin rapuh.

Kamu bisa mengonsumsi kacang almond dan kacang polong setiap hari agar asupan biotin dalam tubuh tetap terpenuhi.

Ilustrasi rambut. (Pexels)
Ilustrasi rambut rontok. (Pexels)

4. Mata

Apakah kamu sering merasakan mata kering? Jika iya, besar kemungkinannya kamu kekurangan vitamin A. Agar asupan vitamin A dalam tubuh tetap terpenuhi, sebaiknya kamu rutin mengkonsumsi ubi, wortel, kangkung, bayam, dan daun selada.

Selain sayuran, beberapa jenis buah-buahan juga dapat menjadi sumber vitamin A yang baik untuk tubuh, antara lain adalah buah mangga, semangka, pepaya, jambu biji, dan buah delima.

Baca Juga: Tips Mencuci Sepatu Putih untuk Bahan Canvas, Suede dan Kulit

Jadi mulai sekarang, cobalah untuk lebih peka terhadap kondisi tubuhmu. Perhatikan setiap gejala kekurangan vitamin biar bisa segera diatasi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI