Jangan Lupa Istirahat, Ini 4 Tanda Tubuh Sedang Tidak Bugar

Tidak bugar bikin mudah lelah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 20 Desember 2018 icon 20:23 WIB
Jangan Lupa Istirahat, Ini 4 Tanda Tubuh Sedang Tidak Bugar

Olahraga rutin. (Unsplash/Alexander Mils)

Karena padatnya aktivitas, banyak yang menjadi malas berolahraga. Akibatnya, tubuh selalu merasa lemah dan kurang bersemangat. Tubuh tidak bugar seperti seharusnya.

Sekarang coba cek, kalau kamu mengalami 4 hal ini maka artinya tubuhmu sedang tidak bugar.

1. Kehabisan nafas

Sering merasa terengah-engah saat menaiki tangga? Kalau langkah-langkah menaiki tangga terasa sangat berat dan membuatmu kehabisan nafas, tubuhmu mungkin dikategorikan tidak bugar.

Solusinya, kamu harus melakukan aktivitas kardio lebih banyak, mulai saja dari yang mudah seperti jogging atau jalan cepat.

Ilustrasi olahraga pakai makeup. (Unsplash/Bruce Mars)
Ilustrasi olahraga. (Unsplash/Bruce Mars)

2. Merasa selalu lelah

Salah satu tanda tubuh tidak bugar yang paling mudah dilihat adalah kamu mudah lelah. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh terasa cepat lelah. Apalagi saat digunakan untuk berolahraga. Stamina pun terus menurun.

3. Otot kaku saat olahraga

Kondisi seperti ini membuat fleksibilitas tubuh berkurang. Melakukan aktivitas sederhana pun terasa lebih berat karena tubuh memang terlalu kaku sebab kondisi otot yang jarang dilatih.

Ilustrasi olahraga pakai makeup. (Unsplash/Bruce Mars)
Ilustrasi olahraga. (Unsplash/Bruce Mars)

4. Detak jantung melambat

Saat berolahraga, maka jantung akan berdetak lebih kencang untuk memompa oksigen ke dalam tubuh. Detak jantung berkisar antara 140 hingga 190 detak per menit tergantung usia.

Saat beristirahat, detak jantung juga akan turun sekitar 20 detak per menit sampai mencapai detak normal. Nah, kalau tubuh tidak bugar, penurunan detak jantung itu akan memerlukan waktu lebih lama.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI