6 Tren Liburan 2019, Sudah Siap Piknik Lagi?

Ada banyak hal yang membuat liburan lebih berkesan

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 21 Desember 2018 icon 11:44 WIB
6 Tren Liburan 2019, Sudah Siap Piknik Lagi?

Liburan ke pantai. (Unsplash/Artem Bali)

Sebentar lagi, kita akan mengucapkan selamat datang kepada tahun 2019. Ada yang sudah menandai hari libur untuk tahun depan? Supaya sesi piknikmu semakin berkesan, ketahui dulu tren liburan 2019 mendatang.

Berikut adalah bocoran tren liburan 2019 versi platform Klook.

1. Makan, Bermain, Belajar

Baca Juga: Patah Hati, 5 Tempat Ini Bisa Bikin Kamu Lupa Putus Cinta

Semakin banyak wisatawan berminat mengenal lebih dekat warisan kebudayaan di destinasi yang dikunjungi.

Saat berkunjung ke Cina, misalnya. Wisatawan bisa menjajal kelas Chinese Painting di Shanghai. Kamu bisa belajar evolusi Chinese Painting dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Wisata dalam negeri juga begitu. Contohnya saat ke Bali. Kamu bisa berpartisipasi dalam kelas membatik untuk turut melestarikan kerajinan yang termasuk dalam UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity itu, mulai dari proses pewarnaan dengan lilin tradisional hingga prinsip dasar kerajinan.

Baca Juga: Wanita Dilarang Masuk Pulau Ini, Memangnya Kenapa?

2. Berpetualang ke tempat yang jarang dijelajahi

Semakin banyak wisatawan tertarik membuat rencana perjalanan unik sehingga mengunjungi tempat yang jarang dijelajahi dan jauh dari perkotaan.

Salah satunya adalah Phu Quoc Island Sightseeing Tour yang membawa turis menjelajah Pulau Phu Quoc di bagian selatan Vietnam. Wisatawan bakal diajak mengunjungi perkebunan mutiara dan merica, Coconut Prison, dan lainnya.

Ilustrasi liburan. (Unsplash/Jenn Evelyn)
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Jenn Evelyn)

3. Liburan bebas uang tunai

Berkat kecanggihan gadget, pilihan aktivitas liburan kini sudah berada dalam genggaman tangan sehingga kebiasaan bepergian dengan membawa uang tunai dan dokumen pemesanan mulai ditinggalkan.

Semuanya bisa dilakukan dengan sebuah aplikasi, termasuk untuk memesan rental mobil, tiket bus city tour, hingga mendapatkan e-voucher.

4. Instagramable  

Dunia adalah set pemotretan dan liburan masa kini wajib berburu tempat instagramable. Latar belakang indah adalah segalanya, misalnya keindahan air terjun, foto infinity pool yang ikonik atau momen spesial saat matahari terbenam.

Mengabadikan momen matahari terbenam saat liburan. (Unsplash/Oziel Gómez)
Mengabadikan momen matahari terbenam saat liburan. (Unsplash/Oziel Gómez)

5. Petualangan solo

Data Klook menunjukkan jumlah wisatawan solo telah meningkat dari 31% menjadi 38% di tahun 2018 dan diperkirakan terus meningkat pada 2019 nanti.

Jika masih ragu untuk bepergian sendiri dengan konsep backpacker, Klook memberikan wisatawan kebebasan untuk bepergian sendirian tapi tetap terkoneksi dan aman, baik itu pilihan perjalanan untuk pencarian jati diri, menghabiskan akhir pekan demi menyegarkan pikiran, atau bahkan keputusan impulsif untuk mencari inspirasi.

6. Jelajahi ‘rumah’ sendiri

Memaknai istilah 'staycation', wisatawan sangat bisa menjelajahi kota mereka sendiri dan merasakan petualangan di rumah sendiri. Misalnya saja bagi kamu yang ada di Jakarta. Coba saja jelajahi aneka kuliner peninggalan Jakarta masa lampau dengan paket Wisata Kuliner Cikini. Kamu juga dapat mengunjungi pasar tradisional tertua di Cikini yang dibangun pada 1962 lalu.

Baca Juga: Liburan ke Bhutan, Wanita Ini Malah Menikah dengan Guide

Itulah tadi beberapa tren liburan 2019 versi Klook. Bagaimana menurutmu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI