Daftar Resolusi Tahun Baru, Simpel tapi Jadi Bukti Aktualisasi Diri

Resolusi tahun baru pada dasarnya memang sesederhana itu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 02 Januari 2019 icon 07:59 WIB
Daftar Resolusi Tahun Baru, Simpel tapi Jadi Bukti Aktualisasi Diri

Pesta kembang api merayakan tahun baru. (Unsplash/Jingda Chen)

Bertekad menurunkan berat badan, berhenti merokok, punya pasangan, hingga memiliki karier yang lebih matang. Beberapa hal itu kerap mengisi daftar resolusi tahun baru. Apakah itu bisa dibilang sebagai bentuk aktualisasi diri.

Resolusi tahun baru tidak harus dengan mematok sesuatu yang sangat spesifik. Paling tidak, nantinya ada perubahan kecil dalam hidupmu tapi sejatinya sangat bermakna.

Dilansir dari Allwomenstalk, berikut beberapa resolusi hidup yang sejalan dengan pencapaian aktualisasi diri:

Baca Juga: Tips Ampuh Agar Resolusi Tahun Baru Tercapai

Berkomitmen

Tahun ini, jadilah pribadi yang punya komitmen. Jangan lagi membatalkan rencana-rencana pada menit-menit terakhir. Pastikan reputasimu tidak rusak hanya karena tidak bisa memegang komitmen.

Lebih humanis

Hidup terlalu singkat bila hanya memikirkan diri sendiri. Tahun 2019 ini, jadilah pribadi yang lebih peduli kepada sesama. Jangan takut berbaur dan jangan takut mengakui kesalahan.

Merayakan tahun baru dengan pesta kembang api. (Unsplash/Chris Gilbert)
Merayakan tahun baru dengan pesta kembang api. (Unsplash/Chris Gilbert)

Belajar dari kesalahan

Kita semua adalah manusia yang pernah berbuat kesalahan pada titik-titik tertentu sepanjang tahun. Namun, kita pun dapat mengubahnya menjadi positif dengan selalu berusaha untuk belajar dari kesalahan. Tidak melakukan kesalahan yang sama bisa membuat pribadi kita lebih berkembang.

Minta maaf dengan bersungguh-sungguh

Terkadang mengatakan maaf saja tidak akan cukup jika tidak dilakukan dengan bersungguh-sungguh. Pada 2019, ketika kamu meminta maaf, selalu beri alasan agar orang tersebut yakin kalau kamu benar-benar mengaku salah dan berusaha tidak mengulanginya lagi.

Jangan mencari kesalahan orang lain

Jangan mengkritik seseorang atau mencari kesalahannya hanya untuk menyelamatkan dirimu sendiri. Berusahalah memperbaiki diri terus menerus agar dapat berpikir konstruktif di segala situasi dan kondisi.

Itulah tadi beberapa daftar resolusi tahun baru untuk mencapai aktualisasi diri. Terapkan, yuk!

 

Suara.com/Vessy Dwirika Frizona

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI