Tisu Basah Antibakteri kian Diminati Pasca Pandemi Covid-19, Ternyata Ini Alasannya

Pandemi COVID-19 membuat kesadaran konsumen akan kesehatan dan kebersihan semakin tinggi

By: Ririn Indriani icon Minggu, 30 Juli 2023 icon 13:23 WIB
Tisu Basah Antibakteri kian Diminati Pasca Pandemi Covid-19, Ternyata Ini Alasannya

Ilustrasi tisu basah antibakteri. (Foto: Ririn Indriani/Dewiku)

Penggunaan tisu basah antibakteri (antibacterial wipes) di Indonesia kian meningkat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya orang yang membawa tisu basah saat beraktivitas di luar rumah sejak pandemi COVID-19 hingga sekarang.

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 membuat kesadaran konsumen akan kesehatan dan kebersihan semakin tinggi

Beranjak dari tren tersebut, skala market wipes diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan bahkan hingga dua kali lipat di tahun 2026. Ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan tisu basah antibakteri akan semakin tinggi di masa mendatang.

Baca Juga: Cerita Pria Hidup Kelewat Irit, Tisu Bekas Lap Hidung Tetap Dipakai Lagi

Di sisi lain, terdapat kebutuhan konsumen akan tisu basah antibakteri yang praktis untuk dibawa dan kemasannya terlihat menarik. Menjawab kebutuhan tersebut PT Uni-Charm Indonesia Tbk untuk kali pertama masuk ke market personal care wipes dengan meluncurkan produk Kirey Care sebagai tisu basah antibakteri yang paling stylish.

Tisu basah tersebut mengandung antibacterial yang berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan bakteri. Produk ini tidak mengandung alkohol sehingga tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Selain itu produk tisu basah tersebut juga telah diproduksi dengan kualitas standar Jepang yang telah teruji aman dan efektif melawan bakteri.

Baca Juga: Tisu di Maskapai Ini Mendadak Jadi Mak Comblang, Kok Bisa?

Berdasarkan riset internal yang dilakukan PT Uni-Charm Indonesia Tbk, lebih dari 80% konsumen menggunakan tisu basah antibakteri non alkohol sebagai pengganti hand sanitizer terutama ketika sedang beraktivitas di luar seperti saat berada di kantor, maupun saat belanja.

Namun, konsumen tidak hanya mementingkan fungsi antibacterial dan keamanannya saja, tetapi kecenderungan untuk memilih tisu basah antibakteri yang kemasannya menarik. Itulah yang menjadi perhatian perusahaan asal Jepang tersebut meluncurkan tisu basah antibakteri yang stylish.

Terlebih sejak penyebaran COVID-19, tidak hanya penggunaan masker, membawa hand sanitizer juga telah menjadi suatu keharusan. Namun, penggunaan hand sanitizer yang mengandung alkohol secara terus menerus akan menimbulkan risiko kering pada kulit dan dapat mengakibatkan iritasi kulit, sehingga penggunaan tisu basah antaibakteri dianggap lebih efektif dan dapat menjadi solusi untuk kondisi pasca Covid-19 saat ini.

“Kami memahami bahwa lebih dari 60% konsumen menyukai kemasan kecil dengan isi kurang dari 30 lembar karena mudah dibawa bepergian. Oleh karena itu produk tisu basah antiabakteri yang diciptakan dengan teknologi Jepang ini kemasannya kecil dengan isi 20 lembar, sehingga praktis dan mudah dibawa. Produk ini juga sudah sertifikat Halal MUI sehingga aman dan nyaman untuk digunakan,” kata Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Terakawa.

Dari 17 target SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan, melalui kegiatan ini perusahaannya, lanjut Terakawa, berupaya untuk berkontribusi pada target No.12 “Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Dan juga dengan salah satu elemen slogan perusahaan Ethical Living for SDGs yaitu “Inovasi untuk mewujudkan kehidupan yang makmur”.

Baca Juga: Menjijikkan! Sudah Dipakai Bersin, Tisu Bekas Ini Dijual Lagi

“Untuk ke depannya pun kami akan terus berusaha untuk memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs,” tutupnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI