Cuci Muka Pakai Cairan Infus Bikin Glowing, Mitos atau Fakta? Ini Kata Dokter

Belakangan, beredar tren kecantikan viral yang menyebut efektivitas cuci muka pakai cairan infus.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 28 Juli 2023 icon 12:12 WIB
Cuci Muka Pakai Cairan Infus Bikin Glowing, Mitos atau Fakta? Ini Kata Dokter

Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)

Ada begitu banyak mitos dalam tren kecantikan yang tersebar di media sosial. Meski belum terbukti secara ilmiah, tetap saja sering kali banyak warganet yang percaya, bahkan tak ragu ikut mencobanya.

Belum lama ini, seorang dokter muda yang sering membagikan edukasi soal kecantikan membahas tren mencuci wajah memakai cairan infus.

"Benar nggak sih cuci muka pakai cairan infus tuh bikin lebih glowing?" tanya dr Clarin lewat unggahan akun TikTok miliknya, clahayes.

Baca Juga: Survei: Keaslian dan Jaminan Keamanan Produk Jadi Daya Tarik Utama Konsumen Produk Kecantikan

Pada bagian awal, ia juga menyelipkan potongan video di mana seorang wanita yang mengaku mencuci wajah dengan cairan infus.

Cairan infus biasanya mengandung ringer laktat, natrium chloride dan kandungan lain. Cairan infus umumnya kerap digunakan untuk membersihkan luka dan tidak berkaitan dengan kecantikan wajah.

Cairan infus bersifat isotonik, non sitotoxic atau mirip cairan tubuh dan tak merusak jaringan saat penyembuhan. Cairan ini juga steril sehingga meminimalisir adanya kemungkinan infeksi.

Baca Juga: Potensinya Besar, Pangsa Pasar Industri Kecantikan di Indonesia Diprediksi Terus Meningkat

"Tapi ternyata setelah diteliti, untuk pembersihan luka, nggak ada perbedaan signifikan antara menggunakan air biasa dan cairan infus," terang Clarin sembari menunjukkan jurnal yang ia rujuk.

Dia juga mengatakan, "Jadi untuk cuci luka aja nggak ada bedanya, apalagi cuci muka."

Dokter Clarin kemudian berbagi tips membersihkan wajah agar lebih optimal. Pertama, pastikan air yang digunakan bersih, lanjut double cleansing, dan gunakan skincare sesuai kebutuhan kulit. Jika setelah itu masih ada permasalahan, lebih baik segera kunjungi dokter spesialis kulit.

"Jadi sebenarnya emang nggak dilarang sih cuci muka pakai air infus, tapi balik lagi tujuan awalnya infus itu bukan untuk cuci muka," ujarnya.

Menurut sang dokter, cairan infus sebaiknya digunakan hanya untuk orang yang lebih membutuhkan, misalnya pasien yang butuh koreksi cairan agar penyakit cepat sembuh.

Baca Juga: Ini Kelebihan Symwhite 377 vs. Niacinamide yang Wajib Kamu Tahu!

Sementara itu, hingga Jumat (28/7/2023), unggahan terkait tren cuci muka pakai cairan infus ini sudah ditonton setidaknya 300 ribu kali di TikTok.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI