6 Tanda Teman Toksik Bikin Makan Hati, Lebih Baik Tinggalkan Saja

Sudah tahu apa saja ciri-ciri teman toksik?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 23 Agustus 2021 icon 18:00 WIB
6 Tanda Teman Toksik Bikin Makan Hati, Lebih Baik Tinggalkan Saja

Ilustrasi bersenang-senang bersama sahabat. (Unsplash/Yanapi Senaud)

Dalam dunia pertemanan, tidak semua orang bisa menyukai. Bahkan, ada saja kasus benalu berkedok teman yang datang dan hanya memanfaatkan kebaikanmu. Belum lagi dengan fenomena teman toksik.

Membangun hubungan pertemanan dan solidaritas memang penting, tapi ada baiknya untuk menjauhi teman-teman toksik. Dikutip dari Times of India, berikut ini ciri-ciri teman toksik yang harus dijauhi.

Teman yang hanya memanfaatkanmu

Baca Juga: Temanmu Fobia Sosial? Coba Lakukan 4 Langkah Ini untuk Membantunya

Jenis teman seperti ini memang ada di kehidupan nyata. Mereka akan membuat rencana agar tujuan yang mereka buat bisa tercapai.

Mereka mungkin tampak hangat, mulai dari mengundang ke pesta ulang tahun, meningkatkan status sosial, bahkan memanfaatkan kebaikanmu. Jika sudah terpenuhi tujuannya, saat giliran kamu yang butuh bantuan, mereka akan hilang dan tidak peduli.

Membuang energi

Baca Juga: Akibat Menikah dengan Teman Dekat, Foto Pernikahan Ini Malah Berujung Kocak

Hampir sama dengan memanfaatkan keadaan, jenis teman yang satu ini justru membuatmu harus meninggalkan segalanya. Kamu bahkan meninggalkan urusan yang paling penting selain memenuhi kemauan mereka.

Cara untuk menghindari jenis teman yang satu ini, kamu perlu tegas dan memberikan batasan. Karena kalau tidak, Anda sama saja membuang energi untuk mereka.

Ilustrasi teman bertengkar (pexels.com/Liza Summer)
Ilustrasi teman (pexels.com/Liza Summer)

Teman yang punya aura negatif

Mereka tidak pernah puas dengan apa yang mereka miliki. Akibatnya, mereka selalu mengeluh dan merengek betapa tidak adilnya dunia mereka.

Selain itu, jenis teman yang satu ini memang punya aura negatif dan selalu berpendapat negatif kepada semua hal. Mereka juga tidak pernah memujimu jika kamu melakukan sesuatu yang positif.

Ratu drama

Orang yang punya sifat drama queen memang tidak menyenangkan untuk dijadikan teman. Kamu bisa terlihat masalah karena dia yang telalu drama. Apa pun kesalahan dan permasalahannya, mereka akan selalu berlindung dengan drama yang mereka buat. Hati-hati, ya!

Ilustrasi teman sedang berdebat. (pexels.com/Liza Summer)
Ilustrasi teman. (pexels.com/Liza Summer)

Tukang kritik

Kritik yang membangun dan bisa mengembangkan motivasi seseorang tentu tak ada salahnya. Beda cerita jika kritik tersebut malah menjatuhkanmu. Hal yang perlu diingat adalah teman sejati justru tidak akan memberikan kritik yang cuma menjatuhkan.

Tukang gosip dan julid

Baca Juga: Egois Banget, 5 Zodiak Ini Tak Ragu Menusuk Teman dari Belakang

Jika menemukan teman yang hobi gosip dan julid, kamu perlu hati-hati dengan mereka. Kemungkinan besar mereka akan menjadikanmu sebagai bahan gosip juga, utamanya jika kamu tidak rutin berkumpul dengan mereka. Demi menjaga kesehatan mental, ada baiknya segera jauhi jenis teman yang satu ini. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI