Dear Cantik, Ini Lho Perbedaan Essence, Serum dan Emulsion

Wanita yang merawat kulit dengan K-Beauty harus meng-upgrade ilmu per-skincare-an mereka menjadi lebih canggih, termasuk membedakan antara Essence, Serum dan Emulsion.

By: Dinar Surya Oktarini icon Rabu, 20 Juni 2018 icon 11:34 WIB
Dear Cantik, Ini Lho Perbedaan Essence, Serum dan Emulsion

ilustrasi k - beauty/pinterest.com

Perkembangan dunia kecantikan sudah semakin maju dan kompleks, ditambah dengan gencarnya skincare Korea alias K- Beauty dalam ilmu perawatan kulit. Bisa dipastikan kita menjadi kewalahan.

Pasalnya, K-Beauty tidak menganut sistem as simple as you can! Tidak! Perawatan wajah ala eonni-eonni Korea ini memiliki kerumitan tingkat dewa! Sekali duduk di depan meja rias, maka kamu harus bersiap memoles wajah kamu hingga belasan kali dengan skincare yang berbeda juga.

Para wanita yang ingin merawat kulit dengan K-Beauty harus meng-upgrade ilmu per-skincare-an mereka menjadi lebih canggih, termasuk membedakan antara Essence, Serum dan Emulsion.

Baca Juga: Inilah Serum Vitamin C dari Merek Korea yang Lagi Happening

Essence

Essence dan serum sering dianggap sama, padahal keduanya jelas berbeda, paling tidak begitulah yang diajarkan dalam ilmu skincare K-Beauty.

K-Beauty membedakan essence dan serum berdasarkan konsistensi cairannya. Essence merupakan produk yang memiliki konsentrat bahan aktif yang cukup tinggi, namun tidak lebih tinggi dari serum.

Baca Juga: Lebih Alami, Ayo Buat Sendiri Serum Vitamin C di Rumah

Karena memiliki tekstur yang lebih cair dibanding serum, essence sering disebut sebagai serum ringan.

Essence/pinterest.com

Essence/pinterest.com

Serum

Serum memiliki partikel yang lebih halus sehingga mudah terserap ke lapisan kulit paling dalam. Selain itu serum memiliki konsentrasi kandungan aktif yang tinggi. Dari mulai vitamin hingga antioksidan, yang bertujuan untuk menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat, mudah, dan merata daripada pelembap wajah biasa.

Serum bekerja pada wajah dengan memfokuskan perawatan spesifik untuk area yang bermasalah akibat kapiler pecah, noda hitam, dan isu-isu kulit umum lain tanpa harus mencemaskan kelebihan minyak.

Innisfree Whitening Pore Synergy Serum/pinterest.com

Serum/pinterest.com

Emulsion

Berbeda dengan serum dan essence, emulsion memiliki tekstur yang lebih mild dengan karakter ringan dan berwarna putih susu. Emulsion cocok digunakan untuk melembapkan kulit cenderung berminyak.

Sebelum menggunakan emulsion, sebaiknya wajah sudah dalam keadaan bersih dan mengaplikasikan serum atau essence terlebih dahulu. Serum dan essence memiliki konsentrasi lebih kental dan bekerja lebih berat untuk wajah. Emulsion dapat dipakai setelahnya sekaligus untuk mengunci kelembapan wajah.

Emulsion/pinterest.com

Baca Juga: Ini Manfaat Tersembunyi Cuka Apel untuk Wajah

Emulsion/pinterest.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI