Waspada! 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Terjerumus Narkoba

Lingkaran pertemanan bisa jadi salah satu hal yang membuat seseorang terjerumus narkoba.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 27 April 2024 icon 09:00 WIB
Waspada! 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Terjerumus Narkoba

Ilustrasi perempuan kecanduan narkoba. (Unsplash/Yuris)

Sosok Chandrika Chika yang terjerumus narkoba baru-baru ini kembali disorot. Dia diamankan pihak berwajib bersama kelima rekannya.  

Ayah Chandrika Chika mengaku merasa kecolongan dengan pergaulan anaknya yang sampai menyebabakn sang anak menggunakan barang terlarang.

"Iya lah (kecolongan). Namanya anak, kita percaya. Terus, kelepasan bergaul. Nggak menyangka," ungkap ayah Chandrika Chika, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Gara-Gara Pungut Selembar Uang di Jalan, Wanita Ini Berujung Masuk Rumah Sakit

Berkaca dengan apa yang terjadi pada Chandrika Chika, lingkungan pertemanan memang menjadi salah satu faktor yang bisa menjerumuskan seseorang menjadi pengguna narkoba. 

Lalu, apa saja faktor lain yang juga berpotensi membuat seseorang menjadi pengguna narkoba? Dirangkum dari laman Badan Narkotika Nasional (BNN), berikut detailnya.

1. Keluarga tidak harmonis

Baca Juga: Punya Teman Baik Membuatmu Merasakan 4 Hal Luar Biasa Ini

Masalah keluarga bisa membuat seseorang menjadi tertekan. Selain itu, orang tersebut mungkin juga merasa sulit mengekspresikan diri dalam keluarga sehingga memilih menggunakan narkoba sebagai pelampiasan.

2. Depresi dan gangguan kecemasan

Depresi maupun kecemasan adalah kondisi yang membuat seseorang mengalami emosi yang tidak stabil.  Akibatnya, pikiran cenderung menjurus ke hal-hal negatif, termasuk memakai narkoba.

3. Turunnya rasa percaya diri

Biasanya, kondisi ini terjadi karena adanya peristiwa traumatis yang pernah dialami, seperti dikucilkan, menjadi korban pelecehan seksual, kehilangan orang tersayang, dan lain-lain. Salah satu dampak negatifnya adalah lebih mudah terjerumus ke hal-hal negatif seperti narkoba.

4. Sulit beradaptasi

Kesulitan beradaptasi juga dapat membuat seseorang berujung nekat memakai narkoba. Ini karena mereka merasa kesepian dan sering menyendiri.

5. Pengaruh pertemanan 

Baca Juga: 6 Tanda Teman Toksik Bikin Makan Hati, Lebih Baik Tinggalkan Saja

Adanya rasa ingin diterima dan diakui oleh teman sebaya bisa mendorong seseorang untuk mencoba narkoba. Awalnya mungkin tidak tertarik, tetapi lama-lama tergoda. Hal ini terlebih jika si teman bisa memudahkan akses terhadap barang haram tersebut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI