Beauty

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Masker Rambut Berbahan Wortel

Masker wortel baik ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi perempuan berambut keriting / Pexels.com
Ilustrasi perempuan berambut keriting / Pexels.com

Dewiku.com - Ada beragam cara untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Kamu bisa melakukan perawatan rambut di salon, menggunakan berbagai produk kecantikan, atau memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah. Sudah pernah coba masker wortel?

Masker wortel memang dikenal baik untuk perawatan kecantikan wajah. Namun, sayur berwana orange ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut lho. Jadi bukan cuma ampuh sebagai masker wajah, tetapi juga masker rambut.

Cara membuat masker rambut sangatlah sederhana. Kamu cukup menghaluskan wortel yang telah dibersihkan, bisa diparut atau diblender. Setelah itu, oleskan secara merata di kulit kepala. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, lalu bilas dengan cara keramas biasa.

Ilustrasi wortel / pixabay.com
Ilustrasi wortel / pixabay.com

Lakukan 1-2 kali seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal. Wah, tapi kira-kira apa saja sih manfaat menggunakan masker wortel?

1. Melembabkan dan melembutkan rambut

Haluskan satu buat wortel, campurkan dengan pisang dan madu. Masker ini akan membantu menjaga kadar keasaman pada kulit kepala sehingga membuat rambutmu yang kasar menjadi lebih lembut dan lembap.

2. Membuat rambut menjadi lebih berkilau

Padukan masker wortel murni dengan yogurt. Berbagai vitamin yang terkandung dalam wortel akan berkolaborasi dengan protein dan lemak pada yogurt menutrisi rambut sehingga terlihat lebih berkilau.

Ilustrasi pembuatan masker wortel / Pinterest
Ilustrasi pembuatan masker wortel / Pinterest

3. Menyuburkan rambut

Rambut rontok juga termasuk permasalahan yang bikin kita resah. Coba kombinasikan masker wortel dengan putih telur. Keduanya akan menutrisi jaringan akar rambut sehingga rambut akan tumbuh dengan lebih sehat dan lebat.

4. Membantu menghitamkan rambut

Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa membuat rambut rusak dan kehilangan warna hitam alaminya. Untuk masalah ini, kamu bisa mencampurkan masker wortel dengan minyak kemiri. Kilau hitam rambutmu pun akan kembali.

Berita Terkait

Berita Terkini