Beauty

Kulitmu Perih karena Sinar Matahari? Redakan dengan 5 Bahan Ini

Buat kamu yang jadi 'korban' terbakar sinar matahari, bisa pakai bahan di bawah ini untuk meredakan rasa perihnya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Sinar matahari membakar kulit/pexels.com
Sinar matahari membakar kulit/pexels.com

Dewiku.com - Saat ini kita sedang mengalami peralihan musim yang bikin bingung. Matahari bersinar sangat terik pada siang hari tapi cuaca di malam hari terasa sangat dingin.

Fase ini sangat tidak baik bagi kesehatan kulit. Perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam membuat kulit ikut bimbang dan menjadikannya kusam.

Bukan cuma kusam, kulitmu juga rentan terbakar pada siang hari karena saking panasnya, Girls! Bahkan, sunscreen yang kamu oleskan juga tidak mempan menghalau teriknya sinar matahari.

Buat kamu yang kulitnya terlanjur jadi korban keganasan sinar matahari, bisa pakai bahan di bawah ini untuk meredakan rasa perih yang terasa di permukaan kulit.

Aloe Vera/pinterest
Aloe Vera/pinterest

1. Lidah Buaya

Kemampuan lidah buaya untuk meredakan rasa perih akibat luka terbakar bukan isapan jempol belaka. Gel dalam lidah buaya sangat cocok untuk kompres kulit ketika kepanasan karena memberikan sensasi dingin.

Lidah buaya juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kelembapan kulit.

Yogurt/pinterest
Yogurt/pinterest

2. Yogurt

Produk turunan susu ini sangat multifungsi. Selain bergizi tinggi, yogurt juga bisa kamu manfaatkan sebagai pereda perih karena luka bakar akibat sinar matahari. Yogurt memiliki kandungan lemak dan protein yang dapat meredakan peradangan.

Cukup oleskan yogurt secukupnya pada kulit yang terbakar dan diamkan beberapa saat. Kandungan nutrisi dalam yogurt juga baik untuk kekenyalan kulit.

Buah pepaya / Pixabay.com
Buah pepaya / Pixabay.com

3. Buah pepaya

Sensasi adem buah pepaya juga bisa meredakan perih karena sinar matahari. Kamu dapat menambahkan madu pada buah pepaya yang sudah dihaluskan untuk memperkaya manfaatnya. Bukan cuma meredakan perih, campuran buah pepaya dan madu juga bisa mengembalikan warna kulit yang gosong akibat sinar matahari berlebih.

ilustrasi buah tomat/pexels.com
ilustrasi buah tomat/pexels.com

4. Tomat

Suka minum jus tomat? Selain diminum, jus tomat juga bisa meredakan perih karena terbakar matahari lho! Balurkan jus tomat kental tanpa pemanis pada bagian tubuh yang terbakar. Biarkan kira-kira 20 menit kemudian bilas.

Luka bakarmu akan segera sembuh dan kulitmu juga semakin sehat karena kandungan nutrisi dalam tomat ikut terserap tubuh.

kunyit/pinterest.com
kunyit/pinterest.com

5. Kunyit dan susu

Perpaduan kunyit dan susu sangat cepat meredakan rasa perih akibat terbakar sinar matahari. Campuran kunyit dan madu juga sangat baik untuk menutrisi kulit.

Caranya sangat mudah, parut seruas kunyit hingga halus, lalu campur dengan susu secukupnya. Aduk rata dan balurkan pada kulit. Nggak usah menunggu lama untuk merasakan khasiatnya. 

Selamat mencoba ya!

Berita Terkait

Berita Terkini