4 Perawatan Dasar Kulit Wajah yang Wajib Dijadikan Rutinitas

Ternyata masih banyak lho, yang merawat kulit wajah 'secukupnya' saja.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 17 Juli 2018 icon 14:30 WIB
4 Perawatan Dasar Kulit Wajah yang Wajib Dijadikan Rutinitas

ilustrasi wajah/pinterest.com

Apakah kamu rutin merawat kulit wajahmu? Jika iya, apakah perawatannya sudah benar? Ternyata masih banyak lho yang merawat kulit wajah 'secukupnya' saja. Maksudnya, cuma membersihkan kemudian memakai pelembap.

Waduh, apakah memang cukup sampai di situ, Girls? Selain dua proses tadi, masih ada dua proses lain yang sering dilewatkan dalam merawat kulit wajah. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ilustrasi cuci muka / Pinterest
Ilustrasi membersihkan wajah / Pinterest

1. Membersihkan kulit wajah

Girls, lelah dan merasa kotor setelah beraktivitas seharian nggak cuma dirasakan oleh tubuh, tapi juga wajahmu. Itulah sebabnya kamu wajib membersihkan kulit wajah setelah selesai beraktivitas. Membersihkan wajah dengan produk khusus pembersih sangat penting agar kotoran tidak menumpuk dan menjadi jerawat.

Wajah yang bersih juga terlihat lebih cerah dan jauh dari kusam. Gimana? Sudah nggak malas membersihkan wajah kan?

ilustrasi wajah/pinterest.com
ilustrasi wajah/pinterest.com

2. Gunakan toner

Banyak orang yang melewatkan penggunaan toner pada wajah, padahal toner dapat menyeimbangkan kembali kadar pH kulit setelah selesai dibersihkan. Selain baik untuk keseimbangan pH kulit, toner juga dapat menutup pori-pori yang terbuka sehingga memberikan sensasi kencang dan segar pada wajah.

Jangan sepelekan toner ya. Ternyata fungsinya banyak banget kan?

ilustrasi wajah/pinterest.com
ilustrasi wajah/pinterest.com

3. Jangan lupakan pelembap

Proses membersihkan wajah akan mengangkat minyak alami pada permukaan kulit. Inilah alasan utama penggunaan moisturizer alias pelembap.

Agar hasilnya maksimal, pastikan kamu menggunakan pelembap sesuai dengan jenis kulit wajah, seperti krim untuk kulit kering atau gel untuk kulit berminyak. Bahan utama pelembap juga bisa jadi pertimbangan, seperti water based untuk kulit berminyak atau oil based untuk kulit kering.

ilustrasi wajah/pinterest.com
ilustrasi wajah/pinterest.com

4. Selalu gunakan sun protector

Belakangan, sudah banyak produk perawatan wajah yang dilengkapi dengan sun protector. Ini sangat penting karena sinar matahari mengandung ultraviolet yang nggak baik untuk kulit.

Meskipun kamu jarang beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya tetap gunakan sun protector untuk melindungi kulit. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya pada bagian leher juga ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI