Beauty

Tips Gunakan Asam Jawa untuk Perawatan Kecantikan

Asam jawa memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga baik untuk memutihkan kulit.

Dinar Surya Oktarini | Rima Suliastini

Asam jawa. (Pinterest)
Asam jawa. (Pinterest)

Dewiku.com - Kamu mungkin pernah dengar tentang skincare alami yang umum digunakan untuk perawatan kecantikan. Beberapa bahan yang sering digunakan adalah lemon, minyak zaitun, kopi atau susu. Selain beberapa bahan alami tersebut, ada satu bahan yang jarang digunakan sebagai skincare alami, padahal manfaatnya nggak kalah ampuh dengan bahan lain, yaitu asam jawa.

Asam jawa memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, hal inilah yang membuatnya dilirik sebagai bahan alami untuk pengganti skincare pabrikan. Selain itu kandungan nutrisi lainnya juga sangat baik untuk merawat kulit, seperti mengangkat sel kulit mati, memutihkan kulit dan sebagai antioksidan yang bisa mampertahankan keremajaan kulit. Berikut penjelasan lengkapnya.

Asam jawa. (Pinterest)
Asam jawa. (Pinterest)

Asam jawa sebagai bilasan setelah lulur

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat asam jawa untuk kulit tubuh, maka cara yang paling mudah adalah mencampurnya dengan air hangat dan menjadikannya bilasan setelah luluran. Cara ini sangat ampuh untuk mendapat kulit tubuh yang cerah dan halus.

Asam jawa untuk cuci muka

Sama seperti poin di atas, kamu juga bisa menggunakan asam jawa untuk perawatan wajah, yaitu menjadikannya sebagai campuran air untuk cuci muka. Sebaiknya tidak menggunakan air asam jawa yang terlalu pekat untuk menghindari kulit dari iritasi.

Asam jawa. (Pinterest)
Asam jawa. (Pinterest)

Asam jawa sebagai pengganti toner wajah

Untuk mendapat toner wajah yang ringan, kamu bisa mencampur asam jawa dengan air mawar secukupnya. Gunakan toner ini secara rutin setiap hari maka kulitmu akan semakin cerah. Jangan lupa gunakan pada daerah sekitar leher agar hasilnya merata.

Asam jawa untuk masker wajah

Asam jawa sangat baik untuk mengembalikan nutrisi wajah, caranya sangat sederhana. Ambil sepotong asam jawa dan campurkan dengan susu bubuk dan sedikit sari kunyit. Gunakan pasta ini sebagai masker wajah secara rutin. Kamu akan mendapatkan hasilnya setelah 4 atau 5 kali pemakaian.

Asam jawa. (Pinterest)
Asam jawa. (Pinterest)

Gimana girls, tertarik melakukan perawatan kecantikan dengan memanfaatkan khasiat asam jawa? Jangan lupa, gunakan perawatan alami ini secara rutin agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba ya!

Berita Terkait

Berita Terkini