Beauty

4 Langkah Cepat untuk Menyingkirkan Cystic Acne

Meski cepat, butuh ketelatenan juga.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Jerawat/pixabay.com
Jerawat/pixabay.com

Dewiku.com - Jerawat memang banyak sekali jenisnya. Tapi kalau ada voting jerawat apa yang paling dibenci, cystic acne mungkin ada di peringkat pertama. Bagaimana nggak? Cystic acne atau jerawat batu ini begitu sakit ketika disentuh dan nggak jarang meninggalkan bekas yang susah hilang.

Sebelum frustasi lebih jauh, mungkin ulasan di bawah ini bisa membantumu. Dilansir dari Allure, ini 4 langkah cepat untuk menyingkirkan cystic acne.

1. Mulai dengan salicylic acid

Obat jerawat biasa nggak akan mempan pada jerawat kistik yang hidup di bawah permukaan kulit kita. Sebagai gantinya, eksfoliasi kulit wajah dengan cleanser yang mengandung salicylic.

Kalau kulitmu cenderung kering, pakai gentle cleanser dan gunakan cleanser yang mengandung salicylic hanya di bagian kemerahannya saja.

Ilustrasi perawatan wajah menggunakan es batu / Pinterest
Ilustrasi perawatan wajah menggunakan es batu. (Pinterest)

2. Atasi bengkak dengan es batu

Temperatur es dingin membantu menyempitkan pembuluh darah. Jadi coba bungkus es batu dengan atas tisu dan tempelkan pada benjolan untuk mengurangi kemerahan dan menurunkan sedikit pembengkakan. Tempel sekitar 10 menit kemudian ulangi hal ini secara teratur.

3. Bunuh bakteri dengan Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida mampu menghancurkan bakteri penyebab jerawat yang terperangkap di dalam folikel dan menyebabkan peradangan. Untuh mencegah iritasi, oleskan dahulu pelembap pada kulit baru oleskan krim benzoil peroksida tipis-tipis.

Hal yang perlu diingat, mulai dengan krim benzoil peroksida dengan presentase terendah. Kalau ada sensasi terbakar atau menyengat, segera cuci. Karena itu berarti benzoil peroksida yang kamu gunakan terlalu kuat.

Femaledaily.com
Femaledaily.com

4. Kurangi kemerahan

Krim hidrokortison yang dijual di pasaran mengandung steroid dosis rendah yang dapat membantu mengecilkan jerawat dan menenangkan kemerahan. Semakin banyak menumpuk dan semakin lama membiarkannya, bakal semakin efektif untuk mengurangi kemerahan cystic acne. Dengan catatan tunggu agar benzoil peroksida kering dulu.

Selamat mencoba!

 

Berita Terkait

Berita Terkini