Beauty

Serum Vitamin C, Penjelasan dan Tips Penggunaannya

Inilah alasan kenapa kamu membutuhkan serum vitamin.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi serum vitamin C untuk wajah. (Pinterest)
Ilustrasi serum vitamin C untuk wajah. (Pinterest)

Dewiku.com - Serum vitamin C semakin familiar di telinga kita. Belakangan namanya sering disebut oleh beauty enthusiast kelas atas sebagai rangkaian skincare wajib. Katanya, ada banyak manfaat serum vitamin C bagi perawatan kecantikan kulit.

Lalu, sebenarnya seberapa penting serum vitamin C untuk perawatan wajah? Bagaimana cara menggunakan yang tepat agar nutrisinya dapat terserap optimal? Simak penjelasan DewiKu di bawah ini.

Vitamin C Baik untuk menutrisi wajah

Jika masih banyak yang penasaran kenapa serum vitamin C penting, ini adalah jawaban yang paling tepat. Vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi nggak cuma ampuh untuk mencerahkan warna kulit, tapi juga baik untuk menutrisi wajah.

Manfaat yang paling umum dari vitamin C adalah sebagai anti inflamasi, mengatasi hiperpigmentasi, merangsang produksi kolagen, mencerahkan, mengurangi penampakan keriput, dan melindungi dari sinar UV.

Vitamin C juga mengandung anti oksidan yang cukup tinggi hingga bisa menjadi antiaging untuk semua jenis kulit.

Ilustrasi lemon sebagai sumber vitamin C. (Pinterest)
Ilustrasi lemon sebagai sumber vitamin C. (Pinterest)

Agar kandungan serum vitamin C bisa terserap baik di kulit wajahmu, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengaplikasikannya. Hal itu antara lain memilih konsentrasi serum sesuai jenis kulit, penggunaan sunscreen, menghindari pemakaian retinol dan waktu penggunaan yang tepat.

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menggunakan serum dengan kandungan vitamin C yang tidak melebihi 5 persen tiap botolnya. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan iritasi yang akan terjadi pada kulit sensitif.

Lalu bagaimana dengan kulit normal? Tenang, Girls. Sudah ada banyak merk serum vitamin C yang menawarkan kadar lebih tinggi, seperti 10 hingga 20 persen per botol kemasan.

Penting untuk diketahui, semakin tinggi kadar vitamin C yang kamu pilih, maka semakin terasa juga sensasi cekit-cekit di wajahmu. Kamu tinggal pilih sesuai kebutuhanmu.

Ilustrasi serum wajah. (Unsplash)
Ilustrasi serum wajah. (Unsplash)

Tips menggunakan serum vitamin C

Setelah mengetahui kandungan vitamin C dan konsistensi yang sesuai dengan kulit wajah, kini kamu harus mengetahui tips menggunakan serum vitamin C dengan baik dan benar.

Untuk efek yang terbaik, kamu bisa menggunakan serum vitamin C pada pagi dan malam hari. Agar kandungan nutrisinya dapat bekerja maksimal, kamu bisa menggunakannya berbarengan dengan vitamin E dan ferulic acid. Kombinasi ketiganya bisa bekerja sama dengan baik untuk melindungi kulit sekaligus melawan tanda-tanda penuaan dini.

Meskipun baik digunakan dengan vitamin E dan ferulic acid, bukan berarti vitamin C ramah untuk semua kandungan dalam skincare. Jika kamu menggunakan vitamin C sebaiknya hindari skincare lain yang memiliki kandungan AHA/BHA dan retinol.

Jika ketiganya digunakan berbarengan, kulit akan menjadi sangat asam sehingga berkibat kurang baik. Kulit bisa teriritasi dan menjadi sangat sensitif.

Jika kamu menggunakan serum vitamin C pada pagi hari, jangan lupa aplikasikan sunscreen pada bagian yang terkena serum. Kulit yang terkena vitamin C secara langsung akan lebih sensitif terutama terhadap cahaya matahari. Jadi selalu siapkan sunscreen berdampingan dengan serum vitamin C, ya.

Nah, sudah tahu tentang seluk beluk serum vitamin C kan? Semoga penjelasan ini bisa mengobati rasa penasaranmu, ya! Jangan lupa selalu bersihkan wajah sebelum menggunakan skincare, apapun itu, termasuk serum vitamin C agar kulit siap menerima nutrisi yang baru.

Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini