Beauty

Yuk Kenali Face Oil yang Cocok untuk Setiap Jenis Kulit Wajah!

Kulit berminyak jangan takut pakai face oil ya, ada kok yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Dany Garjito | Rima Suliastini

Ilustrasi face oil. (Pinterest)
Ilustrasi face oil. (Pinterest)

Dewiku.com - Kalian pernah dengar tentang face oil? Sesuai namanya, face oil adalah minyak yang diambil dari sari tumbuhan, entah itu buah atau bunga yang kemudian diproses hingga menjadi minyak dan dipakai pada permukaan kulit wajah.

Sebenarnya wajah sudah memproduksi minyak alami sendiri pada permukaan kulit, hanya saja pemakaian face oil ini dapat menambah manfaat minyak alami, yaitu mencerahkan, mencegah komedo dan lain sebagainya.

Belakangan, face oil sangat populer di kalangan beauty enthusiast karena beragam khasiatnya.

Banyak dari mereka yang merasa kulit wajahnya lebih lembut dan kenyal setelah menggunakan face oil.

Hal ini tentu saja membuat para penggemar skincare lainnya penasaran, seperti apa sih rasanya face oil?

Kebanyakan dari mereka yang berkulit berminyak juga ragu menggunakan ini karena takut wajahnya menjadi lebih oily.

Ilustrasi menggunakan face oil. (Unsplash)
Ilustrasi menggunakan face oil. (Unsplash)

 

Girls, sebenarnya face oil memiliki beragam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda, termasuk untuk kulit berminyak. Namanya memang oil, yang berarti minyak, tapi nggak semua minyak bersifat comedogenic atau menyumbat pori-pori ya.

Beberapa produk face oil yang terbuat dari bahan dasar ringan seperti biji anggur sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak. Sebaliknya, minyak zaitun yang cukup berat sangat tidak disarankan, karena bersifat comedogenic.

Lalu face oil apa saja yang cocok untuk setiap jenis kulit? Untuk lebih jelasnya, DewiKu akan mejelaskan dalam poin singkat di bawah ini.

Kulit Kering
Kulit kering cenderung normal biasanya sangat friendly dengan produk apa saja, termasuk face oil.

Namun untuk khasiat yang lebih optimal, kamu bisa menggunakan almond oil atau apricot kernel oil. Keduanya memiliki tekstur yang cepat meresap dan aromanya tidak menyengat. Sangat cocok untuk kulit kering.

Almond oil. (Pixabay)
Almond oil. (Pixabay)

 

Kulit Sensitif
Kulit sensitif memiliki karakter yang sangat peka terhadap berbagai produk skincare.

Buat kamu yang ingin mencoba pakai face oil, DewiKu menyarankan Borage seed oil untuk si kulit sensitif. Asam gamma linolenat (GLA) dalam minyak ini sangat baik untuk mengurangi radang kulit lho!

Jika kamu kesulitan menemukan Borage seed oil, coba gunakan avocado oil atau minyak alpukat. Face oil yang satu ini memiliki kadar kelembapan yang tinggi dan kaya akan vitamin A,B dan C. Minyak ini juga cocok digunakan untuk kulit kering.

Avocado oil. (Healthline)
Avocado oil. (Healthline)

 

Kulit Berminyak
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kulit berminyak cocok menggunakan minyak biji anggur yang cepat meresap pada permukaan kulit.

Kandungan minyak biji anggur juga kaya akan antioksidan dan bersifat anti inflamasi, sehingga baik juga digunakan untuk kulit berjerawat.

Jojoba oil juga baik untuk mengatur kadar minyak pada wajahmu karena karakternya yang sangat mirip dengan sebum atau minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh kita.

Ditambah dengan kandungan asam lemak yang ampuh untuk melembapkan kulit dan kaya anti oksidan, minyak ini semakin banyak dicari oleh para pemburu face oil.

Grape seed oil. (Naturallivingideas)
Grape seed oil. (Naturallivingideas)

 

Kulit Berjerawat
Satu lagi, buat kamu yang berjerawat jangan takut mencoba face oil ya, karena beberapa minyak alami ada yang memiliki kemampuan khusus untuk memperbaiki masalah kulit seperti yang dimiliki oleh hemp seed oil.

Hemp seed oil memiliki asam linoleat yang cukup tinggi sehingga mampu mengurangi jerawat dan masalah kulit lainnya.

Selain itu minyak biji rami ini juga kaya akan antioksidan, vitamin A dan E, serta zinc kaya akan antioksidan, vitamin A dan E, serta zinc.

Mengingat sifat minyak ini yang cenderung kering, kamu bisa mengkombinasikan penggunaannya dengan minyak almond agar lebih lembap.

Hemp seeds oil. (Stylecraze)
Hemp seeds oil. (Stylecraze)

 

Gimana girls, sudah jelas ya, jika face oil juga memiliki bermacam jenis yang sesuai dengan kulit wajahmu. Jadi nggak usah takut lagi menggunakan face oil.

Asalkan kamu memilih jenis yang tepat untuk kulitmu, maka kulit wajah akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba ya!

Berita Terkait

Berita Terkini