Beauty

Ada Noda Kuning di Bagian Ketiak Baju? Mungkin Ini Penyebabnya

Baju putih kesayangan jadi nggak oke karena ada noda kuning di bagian ketiak.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)
Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)

Dewiku.com - Siapa yang pernah jengkel karena ketiak bajunya berwarna kekuningan? Biasanya noda kuning ini muncul pada baju warna putih, karena warna ini sangat rentan dengan kotoran. Ternyata penyebabnya adalah deodoran yang kamu pakai sehari-hari lho.

Yup, urusan menggunakan deodoran sebelum beraktivitas memang bikin galau. Di satu sisi, kita butuh deodoran agar bebas dari bau badan, tapi si sisi lain, deodoran bikin ketiak kita hitam dan meninggalkan noda kekuningan pada bagian ketiak di baju.

Ada beberapa pemahaman tentang keringat yang harus kalian ketahui, salah satunya tentang bau badan. Banyak orang yang berpikir jika keringat itu baunya nggak enak, padahal faktanya, keringat segar yang keluar dari tubuh tidak berbau sama sekali. Bau badan yang keluar saat kalian berkeringat berasal dari bakteri yang berkembang biak dalam keringat.

ketiak putih/pinterest.com
ketiak. (Pinterest)

Keringat yang keluar dari bagian ketiak biasanya memiliki kandungan protein. Hal inilah yang menyebabkan noda kekuningan pada bajumu.

Kok Bisa? Jadi, dalam deodoran yang umum dijual di pasaran, terdapat kandungan aluminium yang akan bekerja aktif untuk mencegah keringat keluar dari pori-pori kulit. Kandungan inilah yang bertanggung jawab atas noda kuning pada bagian ketiak bajumu, karena jika bertemu dengan protein yang ada dalam keringat, akan menyebabkan noda kuning yang menempel pada bahan pakaian utamanya yang berwarna putih.

Tidak ada solusi buat kamu untuk menghilangkan noda kuning tersebut, karena sifatnya yang menempel kuat dan membandel. Jika ingin baju putih kesayangan kamu tetap mulus tanpa noda, sebaiknya hindari penggunaan deodoran yang mengandung bahan aktif aluminium.

Ilustrasi deodoran. (Nivea)
Ilustrasi deodoran. (Nivea)

Meskipun mendapatkan deodoran tanpa kandungan aluminium itu sulit, tapi beberapa merk ada yang memproduksi deodoran jenis khusus tanpa kandungan tersebut. Kelebihan deodoran bebas aluminium adalah cara kerjanya yang aktif pada permukaan kulit untuk menetralisir bakteri penyebab bau di permukaan, sehingga nggak menyumbat pori.

Jadi gimana Girls, kalian sudah nggak penasaran lagi kan kenapa baju putih kesayanganmu ada noda kuningnya pada bagian ketiak?

Berita Terkait

Berita Terkini