Beauty

Kenapa Banyak Skincare yang Menggunakan Vitamin B5? Ini Alasannya

Vitamin B5 bikin kulit kamu makin glowing.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi Vitamin B5. (Pinterest)
Ilustrasi Vitamin B5. (Pinterest)

Dewiku.com - Girls, buat kalian yang teliti memperhatikan kandungan dalam sebuah produk kecantikan, pasti sudah hapal dong, kalau vitamin B5 sering jadi salah satu bahan utamanya? Yup, selain vitamin C dan E, kini vitamin B5 juga naik kelas dan sering kita temui dalam produk skincare.

Sebenarnya apa manfaat vitamin B5 untuk kecantikan?

Vitamin B5 merupakan bagian dari keluarga besar vitamin B kompleks yang punya banyak peranan penting untuk kesehatan dan kecantikan. Fungsi utamanya untuk kesehatan adalah mengubah lemak menjadi energi. Dalam dunia kecantikan vitamin B5 dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin B5 paling banyak ditemui dalam buah dan sayuran. Namun kandungan tertingginya dapat ditemui pada buah alpukat, yaitu sekitar 2,800 mcg per bijinya.

Alpukat/pinterest.com
Alpukat sebagai sumber vitamin B5. (Pinterest)

Selanjutnya, vitamin B5 dapat kita jumpai dalam sayuran dan buah seperti pisang, brokoli, asparagus, wortel, apel, kol dan biji bunga matahari.

Meskipun tidak setinggi kandungan dalam buah alpukat, tapi kandungan vitamin B5 dalam buah dan sayur yang disebutkan tadi cukup untuk memenuhi kebutuhan harianmu.

Selain sayuran, vitamin B5 juga bisa kamu dapatkan pada telur ayam, bagian hati pada daging merah dan ikan salmon.

Manfaat vitamin B5

Lalu jika sudah memenuhi kebutuhan harian akan vitamin B5, manfaat kecantikan apa yang akan kita dapatkan?

Banyak, Girls. Salah satu yang paling terkenal adalah mencegah penuaan dini. Jadi vitamin B5 bisa meningkatkan produksi kolagen serta meregenarasi sel kulit baru.

Nggak heran jika dalam skincare andalanmu diselipkan vitamin B5. Kandungannya sangat baik untuk mempertahankan kekenyalan kulit.

Vitamin B5 juga mampu meningkatkan produksi glutathione yang bekerja sebagai anti-oksidan untuk melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini.

ilustrasi wajah/pinterest.com
Ilustrasi wajah menggunakan skincare. (Pinterest)

Untuk yang bermasalah dengan kulit berjerawat, vitamin B5 bisa mengatasi permasalahanmu. Vitamin B5 juga memiliki  sifat anti inflamasi serta membantu penyembuhan luka dengan cara membentuk jaringan kulit baru.

Manfaat vitamin B5 lengkap banget, kan? Namun, itu belum semua, lho.

Kalau kamu rutin mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin B5, maka kulit wajahmu menjadi lebih sehat, bercahaya dan terlihat glowing. Hal itu karena produksi minyak pada kulit wajah dapat ditekan oleh vitamin ini.

Jadi apakah kamu sudah paham kenapa vitamin B5 sering menjadi komposisi utama dalam produk skincare?

Berita Terkait

Berita Terkini