Benarkah Eyelash Extension Dapat Merontokkan Bulu Mata?

Hal penting yang perlu kamu tahu sebelum melakukan eyelash extension.

By: Dinar Surya Oktarini icon Minggu, 23 September 2018 icon 14:00 WIB
Benarkah Eyelash Extension Dapat Merontokkan Bulu Mata?

Ilustrasi bulu mata tebal dan panjang. (Pixabay)

Punya bulu mata lentik dan lebat tentunya sangat menggoda iman para kaum hawa untuk melakukan eyelash extension. Meski tengah digandrungi, kita tidak bisa mengesampingkan fakta kalau eyelash extension adalah perawatan yang mahal dengan salah satu risiko terbesarnya : dapat merusak bulu mata asli.

Yup, hal itu bukanlah mitos belaka. Kalau kamu melihat bahwa bulu mata aslimu terlihat lebih tipis dan lebih jarang saat ekstensi bulu mata mulai rontok, mungkin itulah penyebabnya. Karena terkadang, eyelash exstensions dapat mengganggu siklus pertumbuhan alami bulu matamu.

Dilansir dari InStyle, Dr. Melani Palm, seorang dokter kulit bersertifikat sekaligus ahli bedah kosmetik asal California menjelaskan bahwa kebanyakan bulu mata memiliki siklus pertumbuhan rambut yang relatif pendek.

Baca Juga: Bulu Mata Rontok di Usia 30 Tahun, Simak Penjelasan Pakar

Ilustrasi bulu mata tebal dan panjang. (Pixabay)
Ilustrasi bulu mata tebal dan panjang. (Pixabay)

 

''Namun, bulu mata memiliki siklus jeda panjang sebelum mereka pindah ke siklus shedding (rontok dengan sendirinya), yang disebut telogen. Stres pada folikel rambut dapat mengubah folikel sebelum waktunya ke siklus shedding,'' ujarnya.

Seiring waktu, bulu mata bisa tumbuh lebih pendek dan halus dari sebelumnya. Ditambah lagi lem ang digunakan untuk menempelkan bulu mata bisa membuat iritasi, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

Baca Juga: Tips Pakai Bulu Mata Palsu Biar Terlihat Natural dan Nggak Lebay

Dr. Palm mengatakan bahwa beberapa gejala dapat terjadi termasuk kemerahan, kulit terkelupas, gatal parah, dan bahkan melepuh.

Ilustrasi mata. (Pexels/Min An)
Ilustrasi mata. (Pexels/Min An)

 

Namun jika kamu tetap menginginkan bulu mata indah lewat cara ekstensi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko tersebut.

Hal utama yang harus dilakukan adalah bersikap lembut saat memakai atau menghapus riasan mata dan hindari untuk menggosok area tersebut.

Selain itu, Dr. Palm menganjurkan untuk memastikan teknisi eyelash extension tidak mengisinya terlalu penuh.

''Penambalan berlebihan dengan menempatkan beberapa ekstensi pada satu bulu mata lebih memungkinkan untuk merontokkan bulu mata karena terlalu berat,'' katanya.

Baca Juga: Punya Masalah Rambut Rontok dan Menipis? Ternyata Ini Penyebabnya

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memberi jeda untuk ekstensi agar bulu mata bisa beristirahat sejenak. Sebab eyelash extension itu bisa membuat kacanduan. Tapi teknisi yang terlatih pasti akan menyarankan untuk melakukan penghapusan penuh setelah beberapa sesi ekstensi untuk memastikan bulu mata kamu tetap sehat dan kuat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI