Ternyata Dehidrasi Bisa Memicu Penuaan Dini Lebih Cepat, Lho!

Nggak mau kan kulit kamu keriput di usia 30-an?

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 01 Oktober 2018 icon 10:00 WIB
Ternyata Dehidrasi Bisa Memicu Penuaan Dini Lebih Cepat, Lho!

Ilustrasi wajah keriput. (Unsplash)

Semakin bertambahnya usia dan banyaknya aktivitas yang dijalani, semakin banyak kebutuhan cairan di dalam tubuh. Jangan sampai tubuh kita kekurangan cairan. Ternyata dehidrasi bisa memicu penuaan lebih cepat, lho.

Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan menurunnya fokus otak, membuat badan menjadi lemas, selain itu dehidrasi juga bisa membuat kulit rentan mengalami penuaan dini. Jika cairan di dalam tubuh kurang, kulit akan menjadi kering, bersisik, bahkan muncul kerutan.

Dehidrasi juga bisa mengakibatkan wajah menjadi tampak lebih kusam, kurang menarik, dan muncul kantung mata yang cukup parah.

Ilustrasi minum air putih / pixabay.com
Ilustrasi minum air putih. (Pixabay)

Penuaan dini menjadi salah satu masalah yang cukup ditakuti banyak orang, terutama oleh wanita. Masalah tersebut tak hanya membuat orang menjadi tidak nyaman, namun juga menyebabkan rasa percaya diri menjadi menurun.

Salah satu solusi yang sangat dianjurkan agar terhindar dari penuaan dini adalah mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Disarankan minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Kebutuhan ini bisa kurang atau lebih tergantung dengan seberapa berat aktivitas sehari-hari.

Selain mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, penting juga untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kemudian, kebiasaan merokok, minum minuman keras atau bersoda, minuman yang mengandung pemanis buatan sebaiknya dihindari.

Ilustrasi sayur dan buah / pixabay.com
Ilustrasi sayur dan buah. (Pixabay)

Konsumsi junk food berlebih juga tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Hindari juga membiarkan kulit terpapar sinar matahari secara langsung karena membuat kesehatan serta kecantikan kulit menjadi menurun.

So, jika tidak ingin mengalami penuaan dini lebih cepat, pastikan tubuhmu tidak mengalami dehidrasi dan mendapatkan asupan makanan yang bergizi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI