Beauty

4 Jenis Acid Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kecantikan

Ternyata ada lauric acid yang bermanfaat untuk kulit sensitif.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi skincare. (Unsplash/Charisse Kenion)
Ilustrasi skincare. (Unsplash/Charisse Kenion)

Dewiku.com - Sekarang ada banyak produk skincare yang memanfaatkan acid sebagai kandungan utama. Ternyata ada beberapa jenis acid yang mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan.

Acid memang dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Salah satu jenis acid yang paling terkenal adalah salicylic acid. Jenis acid satu ini menjadi favorit karena membantu mengatasi jerawat serta mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Selain salicylic acidm ternyata masih ada beberapa jenis acid yang tak kalah berguna untuk kecantikan kulit. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini, yuk!

1. Palmitic acid

Palmitic acid adalah asam lemak jenuh yang biasa ditemukan di dalam minyak pohon palem. Acid jenis ini sering dimanfaatkan dalam industri kecantikan sebagai komponen sabun dan produk pembersih lainnya karena memiliki sifat sebagai surfaktan.

Tak hanya itu, palmitic acid juga termasuk emolien yang sangat baik sehingga dapat mempertahankan kelembapan kulit alami sekaligus menghaluskannya. Hanya saja, kadar asam ini diizinkan di dalam produk kecantikan cukup maksimal 13 persen.

Salah satu produk kecantikan yang bisa kamu coba untuk merasakan manfaat palmitic acid adalah Garnier SkinActive Moisture Rescue Actively Hydrating Daily Lotion.

Ilustrasi sabun batangan. (Unsplash/Viktor Forgacs)
Ilustrasi sabun batangan. (Unsplash/Viktor Forgacs)

2. Lauric acid

Salah satu asam lemak jenuh yang ditemukan dalam santan dan minyak kelapa, nih. Lauric acid mempunyai sifat anti bakteri dan juga anti inflamasi yang baik untuk tipe kulit sensitif.

Biasanya kandungan ini ada di dalam makeup remover dan pelembap wajah. Jika ingin mencoba manfaat lauric acid, kamu bisa mencoba Paula's Choice CALM Redness Relief 1% BHA Lotion Exfoliant.

3. Alpha lipoic acid

Alpha lipoic acid merupakan senyawa kimia yang mempunyai kandungan antioksidan. Jenis acid ini bisa ditemukan di dalam sayuran, seperti tomat, wortel, bayam, dan brokoli. Manfaatnya cukup beragam, yaitu sebagai anti aging dan memperbaiki tekstur sekaligus warna kulit.

Meskipun mempunyai kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit, namun konsentrasi penggunaan alpha lipoic acid pada produk kecantikan dibatasi maksimal 5 persen saja. The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5% adalah salah satu produk yang bisa kamu coba untuk merasakan manfaat senyawa kimia ini.

Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)
Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)

4. Myristic acid

Last but not least, salah satu jenis acid yang mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan adalah myristic acid. Kandungan acid ini diperoleh dari minyak kelapa dan biji pala. Myristic acid sering kali digunakan di industri kecantikan sebagai salah satu komponen sabun pencuci wajah atau sabun mandi.

Sifatnya mampu menyerap minyak serta membersihkan kotoran di kulit. Selain itu, acid jenis ini bisa melembapkan sehingga sangat baik untuk mempertahankan kelembapan alami kulit.

Jenis acid ini diketahui sangat baik untuk kamu yang memiliki kulit kering dan bersisik. Salah satu produk dengan kandungan myristic acid yang dapat kamu coba adalah Kose Junkisui Pure Body Wash.

Berita Terkait

Berita Terkini