Beauty

Cara Putihkan Wajah dengan Buah Mangga, Murah dan Efektif

Mangga kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang ampuh untuk cerahkan wajah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Buah mangga. (Pixabay)
Buah mangga. (Pixabay)

Dewiku.com - Sudah musim mangga nih, Girls. Sebagai cewek cerdas yang bisa memanfaatkan bahan alami sebagai perawatan wajah, kamu harus gunakan kesempatan ini untuk membuatnya jadi masker wajah.

Berikut DewiKu rangkumkan cara membuat masker mangga. Untuk bahan tambahannya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan wajahmu, ya.

Masker Mangga, Oatmeal, dan Susu

Oatmeal mengandung senyawa saponin yang berperan membersihkan wajah dari kotoran. Selain itu, oatmeal juga bisa menyerap kelebihan minyak dan mengangkat sel kulit mati. Di sisi lain, susu adalah bahan yang kaya protein, vitamin dan mineral sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pemutih kulit alami.

Campurkan 2 sendok makan jus mangga, 1 sendok teh oatmeal dan setengah cangkir susu segar. Aduk rata dalam mangkok masker siap pakai. Seperti masker wajah pada umumnya, diamkan 30 menit, lalu bilas wajah dengan air sampai bersih.

Ilustrasi oatmeal. (Pixabay)
Ilustrasi oatmeal. (Pixabay)

Masker Mangga dan Lemon

Masker ini cocok untuk kulit berminyak karena bisa menyerap kelebihan minyak sekaligus mencerahkan wajah. Keduanya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa memberikan kulit putih lebih cepat.

Campurkan dua sendok makan buah mangga yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan air lemon. Jika sudah rata, aplikasikan pada wajah dengan bantuan kapas bulat. Oleskan merata dan biarkan setengah jam. Bilas dengan air bersih.

Lemon water. (Unsplash)
Ilustrasi Lemon. (Unsplash)

Masker mangga dan air mawar

Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, mangan, magnesium, fosfor, dan selenium.

Mangga juga menyimpan zat antioksidan dalam bentuk senyawa flavonoid yang terdiri dari alfa karoten, beta karoten, likopen, lutein zeaxanthin, dan beta-cryptoxanthin.

Dengan kekayaan nutrisi ini, kamu bisa langsung menggunakan buah tropis ini sebagai masker pemutih wajah. Agar lebih maksimal, tambahkan air mawar sebagai pengunci kelembapan.

Caranya, campurkan air mawar dengan 2 sendok makan mangga yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan balurkan pada wajah. Tunggu sekitar 30 menit, lalu bilas wajah dengan air sampai bersih.

Ilustrasi mawar. (Pixabay)
Ilustrasi mawar. (Pixabay)

Bagaimana? Sudah siap mencoba masker mangga untuk mencerahkan wajah?

Berita Terkait

Berita Terkini