Kenali Bahaya Terlalu Banyak Pakai Pelembap untuk Kulit

Mulai sekarang, coba perhatikan cara pemakaian pelembapmu, ya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 12 Oktober 2018 icon 17:45 WIB
Kenali Bahaya Terlalu Banyak Pakai Pelembap untuk Kulit

Ilustrasi skincare. (Pexels)

Pelembab menjadi salah satu produk kecantikan yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Namun, tahukah kamu jika terlalu banyak memakai pelembap bisa berbahaya untuk kesehatan kulit?

Pelembap memang mempunyai manfaat untuk kulit agar awet muda, kencang, dan terawat. Melansir dari laman All Women's Talk, menggunakan pelembap secara terus menerus sampai berlebihan bisa membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya.

Dalam survei yang dilakukan di Eropa, ternyata menggunakan pelembap secara terus menerus apalagi berlebihan bisa membuat kulit menjadi kering dan bersisik saat penggunaan pelembap dihentikan. Misalnya, membuat kulit sangat bergantung pada pelembap yang sering kamu pakai.

Pelembap. (Pexels)
Pelembap. (Pexels)

Selain itu, kulit juga rentan mengalami bintik-bintik hitam serta berjerawat akibat pemakaian pelembap berlebihan. Menggunakan pelembap secara berlebihan bisa menyebabkan akumulasi sel-sel kulit mati, kulit kering, pori-pori membesar, dan meningkatkan risiko jerawat.

Disarankan untuk menggunakan pelembap secara tepat dan tidak terlalu berlebihan. Pastikan juga untuk menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)
Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, gunakan pelembap dalam jumlah normal. Sementara bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, usahakan untuk menggunakan pelembap sewajarnya saja. Jangan sampai berlebihan agar kulit tidak terlalu mengkilap.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI