5 Alasan Penting untuk Menghindari SLS

Terlebih untuk yang kulitnya sensitif.

By: Tinwarotul Fatonah icon Jumat, 19 Oktober 2018 icon 13:00 WIB
5 Alasan Penting untuk Menghindari SLS

Ilustrasi busa. (Pexels/Bennie Lukas)

Selain Paraben dan Alcohol, Sodium Laureth Sulfate atau SLS menjadi salah satu bahan yang juga punya reputasi buruk dalam kandungan produk kecantikan.

SLS adalah surfaktan, deterjen dan emulsifier yang digunakan dalam ribuan produk kosmetik, serta dalam pembersih industri.

Ia hadir di hampir semua sampo, perawatan kulit kepala, warna rambut dan produk pemutih, pasta gigi, pencuci dan pembersih tubuh, foundation, sabun tangan cair, deterjen pencuci. Meskipun SLS berasal dari kelapa, bahan kimianya sama sekali tidak alami.

Masalah sebenarnya dengan SLES / SLS adalah bahwa proses manufaktur (etoksilasi) menghasilkan SLES / SLS yang terkontaminasi dengan 1,4 dioksan, produk sampingan karsinogenik.

Sayangnya, banyak dari kita yang kurang familiar dengan SLS atau bahkan tidak menyadari kandungan tersebut dalam produk yang dipakai.

Ilustrasi busa. (Pexels/Burst)
Ilustrasi busa. (Pexels/Burst)

Nah, lain kali sebaiknya periksa dulu kandungan produk yang akan kamu beli untuk menghindari SLS. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah lima alasan untuk menghindari produk yang mengandung SLS:

1. SLS dikenal dapat mengiritasi kulit

Faktanya, ketika peneliti melakukan tes pada lotion dan krim yang perlu mengiritasi kulit terlebih dahulu, mereka sering mengandalkan SLS. Menurut Material Safety Data Sheet, SLS dapat menyebabkan dermatitis dan sensitisasi kulit. Penderita eksim dan psoriasis harus mencoba menghindari SLS bila memungkinkan untuk mencegah kekeringan dan iritasi lebih lanjut.

2. SLS menembus jaringan dan organ tubuh

SLS memiliki kekuatan untuk menembus mata, otak, jantung, dan hati melalui kulit dan dapat terakumulasi di organ-organ dalam tersebut.

3. SLS membantu tubuh menyerap bahan kimia berbahaya

SLS adalah penambah penetrasi, yang artinya mengurangi resistensi kulit dan meningkatkan kemampuannya untuk menyerap bahan kimia berbahaya. Dengan demikian, SLS membuat sel-sel tubuh lebih rentan terhadap bahan kimia beracun lainnya, seperti paraben dan wewangian buatan.

4. SLS mengeluarkan racun ketika dipanaskan

Sodium Oksida Beracun dan Sulfur Oksida dilepaskan ketika SLS dipanaskan. Maka dari itu hindari produk ber-SLS ketika ingin mandi air panas.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI