Deretan Mitos Skincare Ini Tidak Perlu Dipercaya Lagi

Nomor 3 pasti sering kamu lakukan.

By: Tinwarotul Fatonah icon Sabtu, 27 Oktober 2018 icon 14:00 WIB
Deretan Mitos Skincare Ini Tidak Perlu Dipercaya Lagi

Ilustrasi scrub bibir. (Pixabay/AdinaVoicu)

Banyak tips perawatan kulit yang sudah ada sejak dulu dan dipercayai sampai saat ini. Namun dipercaya bukan berarti tersebut benar-benar bekerja. Bahkan bisa jadi tips itu berakhir menjadi mitos skincare.

Dilansir dari Boldsky, berikut deretan mitos skincare yang tidak perlu dipercaya mulai sekarang. Biar kulitmu tidak rusak!

1. Makeup bikin jerawatan

Baca Juga: Girls, Ini Skincare yang Cocok Disimpan di Beauty Fridge

Banyak yang percaya bahwa memakai makeup setiap hari dapat menyebabkan jerawat maupun breakout. Ternyata hal itu mitos. Hal yang perlu digarisbawahi adalah menggunakan produk tidak tepat memang akan memicu jerawat, tapi tidak jika produk yang dipilih sudah tepat. Jadi kalau produk makeup yang kamu pakai tidak menyebabkan jerawat, sah-sah saja memakainya setiap hari. Tapi tetap ingat untuk double cleansing ya!

Ilustrasi hapus makeup. (Unsplash/Septian Simon)
Ilustrasi hapus makeup. (Unsplash/Septian Simon)

2. Semakin menua bakal muncul bintik-bintik

Bintik-bintik dan warna kulit tidak merata bukan tanda-tanda awal penuaan, tetapi mereka muncul ketika kulitmu punya warna terlalu terang serta terkena sinar matahari tanpa perlindungan apa pun. Sinar matahari lah yang menjadi alasan utama munculnya kondisi tersebut.

Baca Juga: Ini Efek Samping Pakai Krim Mengandung Merkuri

3. Sering mencuci wajah mencegah jerawat

Ini adalah mitos yang pasti sering kamu dengar. Kulit kita menghasilkan minyak alami yang sangat penting untuk kulit. Nah, jika terlalu sering sering mencuci wajah otomatis bakal mengikis minyak alami ini dan membuat kulit kering.

4. Banyak minum air bisa lembapkan kulit

Tentu saja air mampu mengeluarkan semua racun dan kotoran dari dalam yang dapat membuat kulit bersinar secara eksternal. Tapi hanya banyak minum air tidaklah cukup untuk menjaga kulit terhidrasi. Kulit kering juga bisa bersifat genetik dan dalam kasus seperti itu, hanya minum air tidak membantu. Kamu perlu melembapkan kulit menggunakan lotion agar tetap sehat.

Ilustrasi minum air putih / pexels.com
Ilustrasi minum air putih / pexels.com

5. Tidak perlu pakai sunscreen saat mendung

Ini adalah keyakinan yang sangat salah. Hanya karena langit tidak cerah bukan berarti kamu bisa melewati langkah mengoleskan sunscreen. Bahkan jika tidak cerah, sinar matahari yang berbahaya masih dapat membuat kulit terlihat cokelat dan kusam. Baik itu cuaca apapun, tabir surya adalah suatu keharusan setiap kali kamu melangkah keluar dari rumah.

6. Scrubbing bikin kulit bebas minyak

Baca Juga: 5 Manfaat Antioksidan untuk Kulit yang Wajib Kamu Tahu

Pengelupasan atau scrubbing adalah proses yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memberikan cahaya sehat pada kulit. Namun ada anggapan yang salah bahwa menggosok kulit setiap hari akan membantu mengendalikan produksi minyak pada kulit yang membuat kulit terlihat bebas minyak. Padahal, kenyataannya adalah menggosok kulit setiap hari hanya akan merusak kulitmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI