Beauty

Semakin Banyak Pria Jadi Model Produk Kosmetik, Begini Alasannya

Pria jadi model produk kosmetik sudah umum dijumpai.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

EXO jadi brand ambassador Nature Republic. (Instagram/@intexolteam)
EXO jadi brand ambassador Nature Republic. (Instagram/@intexolteam)

Dewiku.com - Produk kosmetik kini tidak lagi identik dengan kaum hawa, pria pun sudah mendapatkan tempat yang sejajar sebagai ikon kecantikan. Belakangan, banyak brand kosmetik ternama yang memilih pria jadi model produknya. Hal ini umum dijumpai di Korea, di mana industri hiburannya sedang berkembang pesat.

Bukan tanpa alasan, strategi ini dilakukan untuk menarik konsumen wanita yang terpesona dengan ketampanan idola mereka.

Strike!

Strategi mereka berhasil. Produk kosmetik yang dipunggawai cowok-cowok flamboyan ini laku keras di pasaran. Siapa lagi yang memborong kalau bukan penggemarnya?

Hal ini terbukti dari hasil penjualan mereka yang jadi berlipat ganda setelah menggunakan idol cowok sebagai model iklan.

Shinee, bintang iklan Etude House. (Instagram/@shinee_jp_official)
Shinee, bintang iklan Etude House. (Instagram/@shinee_jp_official)

 

Sebut saja EXO yang jadi brand ambassador Nature Republic, Lee Min Ho untuk Innisfree, dan Jung Il Woo untuk Holika Holika. Idol group yang lebih senior seperti SHINee, bahkan sudah lebih dulu sukses mengiklankan brand kosmetik Etude House.

Pada 2013 lalu, aksi G-Dragon lebih gereget. Dia pernah diminta memakai lipstik merah dalam salah satu kampanye lipstik Global Eco Red saat dirinya menjadi model brand kosmetik The Saem. Meskipun hasilnya jauh dari kata feminin, nyatanya produk ini tetap laku keras di pasaran berkat dirinya.

Kim Jong Dae, member EXO yang jadi brand ambassador Nature Republic. (Instagram/@naturerepublic_kr)
Chen EXO saat menjalani syuting iklan sebagai brand ambassador Nature Republic. (Instagram/@naturerepublic_kr)

 

Begitu juga dengan industri kosmetik di luar Korea Selatan. Pria jadi model produk kosmetik bukanlah hal baru lagi.

Masih ingat dengan James Charles? Dia adalah beauty influencer yang digaet menjadi brand ambassador CoverGirl. Dia sekaligus merupakan cowok pertama yang menjadi model CoverGirl, khususnya untuk produk terbaru mereka, So Lashy!

Baru-baru ini, Maybelline juga memperkenalkan brand ambassador pria pertamanya yang bernama Manny Gutierrez. Manny didapuk untuk mengkampanyekan maskara terbaru mereka, Big Shot Mascara by Colossal.

FYI, Manny Gutierrez, menjadi brand ambassador pria sekaligus beauty influencer pertama yang bekerjasama dengan perusahaan kecantikan asal Amerika Serikat itu.

David Bowie dengan makeup Ziggy Stardust yang ikonik. (davidbowie)
David Bowie dengan makeup Ziggy Stardust yang ikonik. (davidbowie)

 

Pria memakai makeup sebenarnya sudah cukup populer sejak era 70 sampai 80-an. Saat itu, tren makeup di kalangan cowok dimulai oleh David Bowie. Penyanyi ini mempopulerkan Ziggy Stardust atau riasan berbentuk petir di wajah. Hingga kini, Ziggy Stardust masih populer dan dianggap menjadi makeup yang sangat ikonik.

Berita Terkait

Berita Terkini