Beauty

Jangan Aplikasikan 5 Bahan Ini pada Kulit Wajah

Ada efek samping yang tentu lebih baik tidak terjadi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Kulit sensitif. (Unsplash/Kelley Bozarth)
Kulit sensitif. (Unsplash/Kelley Bozarth)

Dewiku.com - Pasti kita sering mengaplikasikan berbagai macam produk ke wajah. Namun harus kamu tahu bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh diaplikasikan pada kulit wajah.

Memang tak semua produk kecantikan dapat diaplikasikan pada kulit wajah. Beberapa di antaranya lebih baik jangan pernah diaplikasikan pada kulit wajah. Simak uraiannya di bawah ini untuk cari tahu, yuk.

1. Body lotion

Jangan pernah menggunakan body lotion untuk menjadikan pelembap di wajah. Ini akan menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat. Disarankan mencari pelembap yang memang dibuat khusus untuk area wajah.

Kebiasaan menggunakan body lotion pada kulit wajah jelas akan menimbulkan masalah.

Ilustrasi body lotion. (Unsplash)
Ilustrasi body lotion. (Unsplash)

2. Sabun batang

Mencuci muka sebenarnya termasuk ke dalam interaksi yang kompleks. Sabun batang tidak termasuk dalam kebutuhan tersebut.

Sabun batang justru dapat menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit wajah. Sebab, produk ini menggunakan bahan kimia yang sulit diterima oleh kulit wajah. Kulit wajah bisa membuat kulit wajah terasa kasar, kering, bahkan gatal.

3. Pasta gigi

Banyak orang yang mencoba mengatasi jerawat dengan pasta gigi. Padahal belum terbukti jika pasta gigi memang bisa mengatasi jerawat.

Faktanya, pasta giigi tidak dianjurkan untuk digunakan pada kulit. Penggunaan pasta gigi memang ada kemungkinan dapat mengeringkan jerawat, namun juga berpotensi mengiritasi kulit dan membuat kulit menjadi sangat kering.

Ilustrasi pasta gigi. (Pexels)
Ilustrasi pasta gigi. (Pexels)

4. Hairspray

Hairspray jelas berbeda dengan setting spray yang berguna untuk membuat makeup bertahan lebih lama. Hairspray mengandung alkohol yang bisa menghilangkan kelembapan pada kulit, menyumbat pori-pori, menyebabkan iritasi, dan jerawat.

5. Lemon

Last but not least, hal yang jangan diaplikasikan pada kulit wajah adalah lemon. Kenapa? Bukankah lemon dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kulit wajah?

Beberapa ahli kecantikan tidak menganjurkan penggunaan lemon pada kulit wajah. Sebab ini akan membuat kulit wajah lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Berita Terkait

Berita Terkini