Jangan Takut Burket, Ini Tips Memilih Deodorant Alami

Bau badan dan keringat berlebih bisa diatasi dengan deodorant alami.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 24 November 2018 icon 12:00 WIB
Jangan Takut Burket, Ini Tips Memilih Deodorant Alami

Ilustrasi ketiak. (Shutterstock)

Memakai deodorant sudah menjadi hal wajib dipakai setelah mandi untuk banyak orang. Ternyata ada bahan alami yang bisa dipakai juga tanpa harus takut burket atau nggak wangi. Nah, ada beberapa tips memilih deodorant alami yang perlu kamu tahu, nih.

Keringat berlebih kadang akan mengeluarkan bau badan yang tidak enak. Salah satu solusinya adalah memakai deodorant. Fungsinya untuk menghambat keringat berlebih dan menghilangkan bau badan tak sedap.

Deodorant yang dijual di pasaran memang mengandung bahan-bahan kimia. Walaupun pada umumnya bahan kimia tersebut diklaim masih terbilang aman untuk kesehatan.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kaki Kusam dengan Bahan Alami

Ilustrasi ketiak. (Pexels/Ferdinand Studio)
Ilustrasi ketiak. (Pexels/Ferdinand Studio)

Namun, kandungan alumunium di dalam deodorant dapat terserap kulit ketiak. Ini akan membuat kelenjar keringat pada ketiak tersumbat. Selain itu, banyak kasus kulit ketiak menjadi hitam karena pemakaian deodorant.

Biasanya karena alasan kesehatan dan efek samping lainnya, banyak orang yang beralih ke deodorant alami. Deodorant alami tidak mengandung bahan kimia sehingga lebih aman untuk kesehatan.

Deodorant alami biasanya terbuat dari minyak kelapa alami, baking soda, potassium alum, atau tawas. Namun sayangnya, bahan produk deodorant alami tidak tahan lama. Sehingga kamu harus mengaplikasikannya beberapa kali jika cuaca sangat panas dan berkeringat di siang hari.

Baca Juga: Menghilangkan Bekas Jerawat Pakai Bawang Merah, Gimana Caranya?

Tenang, jangan putus asa dulu untuk memakai deodorant alami. Kunci dari tips memilih deodorant alami adalah dengan mencari bahan-bahan utama dalam pembuatannya.

Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)
Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)

Ada beberapa bahan alami yang mampu menyerap keringat, antara lain baking soda, tepung jagung, atau tepung tapioka. Selain itu, juga harus ada anti bakteri seperti EO Lavender, tea tree, atau lemongrass.

Untuk mendapatkan kulit halus di area ketika, dibutuhkan shea butter atau minyak kelapa. Dengan bahan-bahan tersebut, deodorant alami akan tahan lama dan dapat mencegah bau badan.

Tapi tetap saja kamu harus mengaplikasikannya beberapa kali, apalagi kalau sedang berkegiatan di luar ruangan. Sebab, deodorant alami tidak mengandung bahan kimia yang dapat membuat wangi sepanjang hari, apalagi menghambat keringat selama lebih dari 12 jam.

Baca Juga: Girls, Ini Ramuan Ajaib untuk Meluruskan Rambut Secara Alami

Itulah tips memilih deodorant alami. Semoga bermanfaat, ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI