Penting, 5 Mitos Paling Umum soal Jerawat

Hari gini masih percaya mitos jerawat?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 28 November 2018 icon 20:00 WIB
Penting, 5 Mitos Paling Umum soal Jerawat

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Nampaknya jerawat menjadi persoalan umum yang dihadapi semua orang, baik untuk cewek maupun cowok. Biasanya jerawat muncul saat memasuki usia puber, namun juga bisa terjadi di luar usia tersebut. Nah, lewat artikel ini, kita akan mengulas mitos yang berseliweran tentang jerawat.

Dilansir dari Boldsky, berikut 5 mitos jerawat yang paling umum atau kesalahpahaman tentang jerawat. Yuk, simak!

1. Jerawat muncul karena kurang menjaga kebersihan

Baca Juga: Kesalahan Ini Sering Terjadi saat Menutupi Jerawat dengan Makeup

Fakta : Jerawat memang muncul ketika pori-pori wajah tersumbat. Pori-pori ini tidak tersumbat karena kotoran atau kotoran dari luar, tapi karena ekstra sebum yang dihasilkan dari kulit. Oleh karena itu, mencuci muka sangat sering untuk membuatnya tetap bersih dan higienis tidak dapat mencegah jerawat.

Kebalikannya, jika terus mencuci wajah terlalu sering bakal membuat kulit kering dan memicu lebih banyak sebum yang bakal menyumbat pori.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

2. Jerawat tidak perlu perhatian medis

Baca Juga: Skincare dengan Kandungan Ini Bisa Sembuhkan Jerawat di Kepala

Fakta : Jerawat yang normal dapat diobati melalui pengobatan rumahan tetapi jerawat yang parah membutuhkan perhatian medis. Jika tidak segera diobati, hal itu dapat menyebabkan masalah kulit yang lebih parah.

Selain itu kita tidak bisa menampik bahwa jerawat dapat mempengaruhi kesehatan mental. Yup, jerawat bisa memicu kecemasan dan kurang percaya diri. Oleh karena itu, jika kamu melihat bahwa jerawat makin parah dan tidak mempan dengan obat jerawat di pasaran, segeralah ke dokter kulit.

3. Terlalu sering menggunakan makeup menyebabkan jerawat

Fakta : Makeup tidak menyebabkan jerawat, kurang telaten dalam membersihkan makeup setelahnya lah yang lebih mungkin menyebabkan jerawat. Selain itu, menggunakan produk makeup yang telah melewati tanggal kadaluwarsa, produk tidak cocok juga dapat menyebabkan jerawat.

Jadi perlu diluruskan kalau memakai makeup bukan penyebab utama jerawat.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

4. Memecahkan jerawat bisa menghilangkannya

Fakta : Ketika muncul sebuah jerawat, kita cenderung ingin memencet dan memecahkannya agar segera hilang. Tapi sayangnya bukan itu hal yang akan terjadi, situasi bakal makin buruk.

Peradangan meningkat dan menyebabkan lebih banyak jerawat dan breakout yang menjadikannya lebih sulit untuk dikendalikan.

5. Sinar matahari dapat mengurangi jerawat

Fakta : Jerawat berhubungan dengan peradangan dan ada kemungkinan bahwa paparan sinar matahari dapat mengurangi peradangan. Tapi tunggu, itu hanya bekerja untuk sementara waktu. Overexposure ke matahari dapat memecah kolagen yang merupakan protein untuk membuat kulit kencang. Kekurangan kolagen dapat menyebabkan jerawat dan breakout.

Baca Juga: Yuk, Hilangkan Jerawat dengan Masker Kentang Tomat

Itulah beberapa mitos jerawat yang paling sering dipercaya oleh banyak orang. Kalau sudah tahu faktanya, kamu masih mau percaya mitos itu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI