Masih Muda tapi Ubanan? Ini Sebabnya

Nomor satu susah dicegah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 29 November 2018 icon 17:30 WIB
Masih Muda tapi Ubanan? Ini Sebabnya

Ilustrasi rambut sehat dan berkilau. (Unsplash)

Umumnya uban tumbuh saat sudah memasuki usia senja. Namun, tak jarang rambut beruban juga bisa ditemukan pada orang yang masih muda. Banyak yang kemudian tidak percaya diri karenanya. Masih muda tapi ubanan, sih.

Sebenarnya apa yang membuat bisa ubanan di usia muda? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Faktor genetik

Baca Juga: Mencegah Rambut Beruban Pakai Minyak Kelapa, Gimana Caranya?

Faktor ini cukup sulit untuk dihindari. Entah dari ibu, ayah, maupun keduanya, kamu berisiko memiliki rambut beruban di usia muda jika mereka juga punya riwayat yang sama.

2. Kekurangan asupan vitamin B12

Vitamin B12 sangat berpengaruh terhadap produksi melanin yang berperan besar terhadap pigmen rambut. Kalau kamu kekurangan asupan vitamin B12, jangan kaget jika menemukan uban tumbuh di tengah-tengah rambut.

Kalau tidak alergi, coba perbanyak asupan vitamin B12 dari kerang, kepiting, sarden, daging sapi, dan susu.

Ilustrasi rambut beruban. (Pixabay)
Ilustrasi rambut beruban. (Pixabay)

3. Stres

Penelitan menunjukkan, orang yang mengalami momen stres dalam hidupnya cenderung tumbuh uban lebih cepat daripada orang yang tidak mengalaminya. Dr Roopal Kundu, seorang profesor dermatologi di Northwestern University mengatakan, stres memiliki peran besar namun tidak secara langsung menyebabkan tumbuhnya uban.

4. Kekurangan asam folat

Asam folat punya pengaruh yang cukup besar untuk tubuh, mulai dari membantu proses produksi DNA, pembentukan sel darah merah, hingga menjaga kesehatan rambut sekaligus membantu pertumbuhan rambut secara optimal. Ketika tubuh kekurangan asam folat, pertumbuhan rambut bisa jadi akan terhambat dan uban akan lebih mudah muncul.

Jadi, siapa nih yang sudah beruban di usia muda? Coba cek, jangan-jangan penyebabnya adalah salah satu di atas.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI