Tips Perawatan Natural untuk Kulit Berminyak, Mau Coba?

Dijamin ampuh, Girls!

By: Tinwarotul Fatonah icon Kamis, 06 Desember 2018 icon 21:00 WIB
Tips Perawatan Natural untuk Kulit Berminyak, Mau Coba?

Ilustrasi kacang almond. (Unsplash)

Kulit berminyak selalu bikin kita serba salah, ketika kita dandan kece badai, tapi belum setengah hari kilang minyaknya sudah aktif berproduksi. Meskipun sering gonta ganti produk skincare khusus kulit berminyak, tapi tetap saja hasilnya nihil. Buat kamu yang mulai hopeless, yuk simak perawatan natural untuk kulit berminyak berikut ini.

Kacang almond

Vitamn A dan B yang terkandung dalam kacang almond sangat baik untuk mengontrol kadar minyak di permukaan kulit. Selain itu, asam folat yang memperkaya kandungan kacang almond juga bermanfaat untuk mengangkat kelebihan minyak pada wajah.

Baca Juga: Ini Cara Merawat Wajah dengan Racikan Bunga Mawar, Penasaran?

Almond. (Unsplash/Tetiana Bykovets)
Almond. (Unsplash/Tetiana Bykovets)

Jojoba oil

Minyak yang diambil dari ekstrak buah jojoba ini bermanfaat untuk kulit berminyak karena cepat diserap dan tidak menyumbat pori-pori kulit. Hasilnya, jojoba oil bisa mengontrol produksi minyak dan menyeimbangkan pH kulit wajah. Oleskan jojoba oil secara merata pada wajah, diamkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas dengan menggunakan air suam-suam kuku.

Ilustrasi minyak jojoba. (Unsplash/Roberta Sorge)
Ilustrasi minyak jojoba. (Unsplash/Roberta Sorge)

Gandum

Baca Juga: Jangan Takut Burket, Ini Tips Memilih Deodorant Alami

Banyak yang mengenal gandum sebagai bahan makanan pokok, tapi hanya sedikit yang tahu khasiatnya untuk kulit berminyak. Gandum mengandung saponin sebagai emolien yang baik untuk melembutkan dan berperan sebagai pasokan air untuk setiap sel kulit. Kamu bisa menggunakan gandum sebagai masker wajah, caranya campur beberapa sendok gandum dengan satu sendok teh madu dan setengah sendok teh air perasan lemon. Kemudian, campur semua bahan hingga menjadi seperti pasta.

Ilustrasi gandum. (Pexels)
Ilustrasi gandum. (Pexels)

Cendana

Baca Juga: Tips Mengatasi Kaki Kusam dengan Bahan Alami

Kayu wangi cendana memiliki sifat antimikroba yang bisa mengatasi beberapa masalah kulit, seperti jerawat dan kulit berminyak. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker dengan mencampur bubuk kayu cendana, air dan tomat yang dihaluskan. Aduk hingga jadi pasta dan gunakan layaknya masker wajah pada umumnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI