Duh, Ini Dampak jika Pakai Makeup Palsu dan Ilegal

Jangan sampai mau cantik, tapi zonk. Harus hati-hati ya!

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 12 Desember 2018 icon 10:11 WIB
Duh, Ini Dampak jika Pakai Makeup Palsu dan Ilegal

Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)

Cukup mengkhawatirkan karena sekarang ini banyak sekali produsen kosmetik palsu dan ilegal. Itu juga akan memberikan dampak kepada kulit dan kesehatan jika pakai makeup palsu dan ilegal.

Ternyata tak hanya produk kosmetik luar, namun produk kosmetik lokal pun banyak lho yang dipalsukan.

Biasanya harga kosmetik palsu dan ilegal ini diketahui sangat miring. Tapi di balik harga murah tersebut juga ada dampak yang menyeramkan.

Berbagai macam infeksi kulit nggak bisa dihindari kalau kamu memakai makeup palsu. Kamu harus tahu beberapa dampak pemakaian makeup palsu dan ilegal di bawah ini.

1. Infeksi mata

Sudah banyak kasus yang terjadi akibat menggunakan produk makeup seperti eyeshadow palsu dan menyebabkan infeksi mata. Efek samping yang bisa terjadi akibat makeup mata palsu adalah mata bengkak dan penglihatan jadi buram.

Jadi jika ingin membeli produk makeup dengan harga miring, harus hati-hati ya. Kamu bisa lakukan test patch dulu di tangan.

Ilustrasi mata. (Unsplash/Angelos Michalopoulos)
Ilustrasi mata. (Unsplash/Angelos Michalopoulos)

2. Luka bakar

Salah satu yang menyebabkan terjadi luka bakar akibat pemakaian produk makeup adalah adanya kandungan merkuri di dalam produk tersebut. Merkuri ini seharusnya digunakan untuk bahan cat tembok atau poster.

Merkuri dapat menipiskan dan membakar kulit. Selain itu, paparan yang tinggi terhadap merkuri dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, otak dan juga ginjal.

3. Alergi

Orang yang membuat produk tiruan biasanya bukan dari seorang kimiawan yang benar-benar mengerti teknik peracikan produk kosmetik. Mereka hanya menyampurkan bahan-bahan kimia secara asal hingga membuat produk yang terlihat mirip fungsinya.

Kimia berbahaya di dalam produk seperti ini bisa menimbulkan reaksi alergi bahkan dampaknya bisa permanen kalau dibiarkan.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

4. Break out

Hal yang wajar jika kamu mengalami purging ketika mencoba skincare baru. Itu menjadi nggak wajar jika wajah tiba-tiba break out dengan munculnya jerawat yang nggak biasa.

Pengunaan makeup palsu memang berpotensi menimbulkan jerawat dalam jumlah yang lebih banyak dan letak yang nggak wajar pada wajah.

5. Kanker kulit

Dampak jika pakai makeup palsu dan ilegal yang paling menyeramkan adalah kanker kulit. Bahan-bahan kimia yang ada pada produk kosmetik tiruan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat masuk ke dalam kulit.

Bukan hanya alergi, bakteri dan bahan kimia yang ada lama kelamaan membentuk sel yang dapat menyebabkan kanker kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI