Beauty

4 Fakta Ketombe, Bukan Cuma Bikin Kulit Kepala Gatal

Ketombe bikin penampilan nggak oke.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Kulit kepala gatal karena ketombe. Unsplash/Karina Carvalho)
Kulit kepala gatal karena ketombe. Unsplash/Karina Carvalho)

Dewiku.com - Ketombe menjadi salah satu masalah yang mengganggu penampilan. Selain itu, ketombe bikin nggak nyaman karena menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. 

Serpihan kecil  berwarna kuning atau putih itu merupakan sel kulit mati yang jatuh dari kulit kepala. Itulah kenapa saat punya ketombe, kulit kepala jadi terlihat bersisik atau merah dan terasa gatal.

Berikut adalah fakta ketombe yang barangkali ingin kamu tahu.

1. Ketombe datang karena salah pakai produk perawatan

Banyak yang bilang penyebab ketombe adalah rambut kotor. Padahal sebenarnya ketombe datang karena cara menata rambut yang salah atau tidak cocok dengan produk yang digunakan.

Beberapa pewarna rambut dan produk penata rambut lainnya dapat meninggalkan residu kering yang kemudian terkelupas atau memicu reaksi kulit yang terlihat seperti ketombe.

2. Ketombe tak hanya muncul di rambut kepala

Ketombe juga bisa muncul di bagian tubuh lain yang memiliki rambut, seperti alis dan bulu mata. Itu sekaligus sebagai bentuk ringan dari gejala seborrheic dermatitis.

Ilustrasi rambut berketombe. (Shutterstock)
Ilustrasi rambut berketombe. (Shutterstock)

3. Sinar matahari bisa bantu atasi ketombe

Luangkan sedikit waktu di bawah sinar matahari untuk mengatasi ketombe. Sinar matahari bisa membantu menekan jamur penyebab ketombe dan seborrheic dermatitis.

4. Ketombe disebabkan oleh jamur

Folikel rambut dan kelenjar minyak menghasilkan minyak alami (sebum) untuk melembapkan kulit kepala. Sayangnya, itu menjadi tempat yang memungkinkan jamur berkembang biak di kulit kepala.

Kulit kepala terasa gatal karena ketombe. (Unsplash/averie woodard)
Kulit kepala terasa gatal karena ketombe. (Unsplash/averie woodard)

Masalahnya, terlalu banyak jamur bisa jadi penyebab ketombe. Terlalu banyak sebum juga bisa menyebabkan ketombe. Jika udara kering, kulit bakal ikut mengering dan mengelupas sehingga dapat terlihat seperti ketombe.

Jika kamu punya masalah ketombe, sebaiknya gunakan sampo anti ketombe. Namun, jika tak kunjung membaik, segera konsultasi ke dokter, ya.

 

Sumber : HiMedik.com

Berita Terkait

Berita Terkini