Wajib Kamu Tahu, Ini 5 Hal yang Harus Dihindari saat Mecatok Rambut

Perhatikan hal di bawah ini jika tidak ingin rambut menjadi rusak.

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 24 Desember 2018 icon 17:00 WIB
Wajib Kamu Tahu, Ini 5 Hal yang Harus Dihindari saat Mecatok Rambut

Ilustrasi rambut. (Shutterstock)

Memiliki rambut lurus yang berkilau masih menjadi idaman banyak perempuan. Hair styling yang bisa membantumu mendapatkan rambut lurus adalah menggunkan catokan. Namun, ada lima hal yang harus dihindari saat mecatok rambut, lho.

Tak perlu repot-repot ke salon untuk mendapatkan rambut lurus. Kamu bisa melakukan catok rambut di rumah. Tapi seperti yang kita tahu, penggunaan catok rambut dalam intensitas terlalu sering bisa menyebabkan rambut mudah kering dan rusak.

Hal tersebut akan semakin memperburuk jika sering melakukan kesalahan dalam penggunaan catokan rambut. Cari tahu yuk di bawah ini, lima hal yang harus dihindari saat mecatok rambut.

1. Mecatok rambut dalam keadaan basah

Kebiasaan mecatok rambut dalam keadaan basah akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada rambut. Disarankan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu hingga kondisinya benar-benar kering. Barulah setelah itu kamu bisa memulau mecatok rambut.

Ilustrasi rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi rambut. (Shutterstock)

 

2. Mengulangi proses catok berulang kali

Peranan suhu pada proses pelurusan rambut sangatlah penting. Jangan sampai, karena terlalu takut merusak rambut, kamu memilih suhu yang paling rendah, sehingga harus mencatok rambut pada area yang sama berulang kali.

Hal tersebut akan membuat ujung rambut menjadi lebih kering dan juga membuat akar rambut lebih sering ketarik. Rambut akan menjadi cepat rusak dan mudah rontok. Pastikan kamu sudah mengetahui suhu catokan yang pas untuk rambutmu.

3. Tidak menjaga kebersihan catok

Jika kamu rutin menggunakan catokan, jangan lupa untuk menjaga kebersihannya juga ya. Produk yang digunakan pada rambut sebelum mulai dicatok bisa menumpuk pada pelat catokan dan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Disarankan untuk tetap membersihkannya dengan cara menggunakan kapas atau handuk yang dibasahi dengan alkohol. Lakukan cara ini minimal satu bulan sekali pada catokan yang sedang dalam kondisi mati dan tidak panas.

4. Tidak menyimpan catokan dengan baik

Ternyata menyimpan catokan dengan cara yang sembarangan juga berisiko membuat barang tersebut cepat rusak. Selalu simpan catokan saat suhunya sudah turun.

Catokan yang disimpan saat masih dalam keadaan panas akan membuat sisa produk menempel pada pelat atau merusak wadah penyimpanannya. Lalu, gulung kabel catokan secara longgar. Hindari pula melilitkan kabel pada badan catokan, ya. Sebab, hal tersebut akan membuat kabelnya cepat rusak.

Rambut. (Pixabay)
Rambut. (Pixabay)

 

5. Salah memilih ukuran catokan

Catokan hadir dalam berbagai ukuran pelat. Pada umumnya, catokan memiliki lebar pelat 2,5 cm. Ukuran ini pas untuk segala jenis rambut. Jika memiliki rambut yang tebal dan panjang, disarankan untuk memilih catokan dengan pelat yang lebih lebar.

Dengan memilih ukuran pelat yang tepat, kamu bisa lebih menjaga kesehatan rambut sekaligus menghemat waktu mecatoknya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI