Sabun Wajah Lelaki Berbeda dengan Perempuan, Ini Alasannya

Sama-sama sabun wajah tapi formulasinya beda.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 15 Januari 2019 icon 10:45 WIB
Sabun Wajah Lelaki Berbeda dengan Perempuan, Ini Alasannya

Cowok perawatan wajah . (Shutterstock)

Belakangan ini, semakin banyak pria rajin melakukan perawatan wajah. Jadi soal membersihkan wajah dengan sabun, mereka sama telatennya dengan perempuan. Namun, apakah sabun wajah untuk lelaki memang harus dibedakan dengan perempuan?

Rupanya bukan tanpa alasan para produsen kosmetik menciptakan produk perawatan wajah berbeda untuk lelaki. Kulit lelaki memang berbeda dengan kulit perempuan. Bukan hanya pada struktur kulit, melainkan juga jenis kulitnya.

Stimulasi hormon testosteron menyebabkan kulit lelaki lebih tebal 25 persen dibandingkan perempuan. Tekstur kulit lelaki juga lebih keras. Perbedaan lain terdapat pada tingkat dan produksi minyak pada kulit wajah lelaki. Setelah pubertas, produksi sebum mereka bakal lebih banyak daripada perempuan.

Baca Juga: Bersihkan Wajah Pakai Kondisioner, Yakin Aman?

Dr. Anjali Mahto, konsultan dermatolog di Cadogan Cosmetics, memaparkan lelaki juga memiliki lebih banyak folikel rambut dan kelenjar minyak. Itulah kenapa kulit lelaki lebih berminyak.

Ilustrasi cuci muka. (Pexels)
Ilustrasi cuci muka. (Pexels)

Tanpa memandang usia, kulit lelaki pun memiliki kandungan kolagen yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Kandungan kolagen tentu secara langsung berhubungan dengan tanda-tanda penuaan kulit sehingga kulit perempuan sebenarnya menua 15 tahun lebih cepat dibandingkan lelaki.

Hanya saja karena banyak lelaki yang abai soal perawatan wajah, terutama soal paparan sinar matahari, perbedaan usia 15 tahun pada kulit ini sebenarnya hampir tidak terlihat.

Baca Juga: Ubah Rutinitas Kecantikanmu dengan 5 Langkah Ini

Nah, karena memiliki tekstur kulit yang lebih tebal dan keras, kaum lelaki sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perawatan wajah.

Kaum lelaki sebenarnya tidak membutuhkan sabun khusus untuk wajahnya. Mereka bisa menggunakan sabun apapun, termasuk memakai sabun badan untuk membersihkan wajah.

Pria membersihkan wajah. (Shutterstock)
Pria membersihkan wajah. (Shutterstock)

Kaum lelaki sebenarnya bisa saja menggunakan sabun wajah untuk perempuan. Bahan-bahan dasarnya hampir sama, seperti senyawa sabun, asam lemak, hingga surfaktan sintetis yang dapat membantu pelarutan jika terkena air.

Namun karena perempuan memiliki kulit yang lebih rentan dibandingkan lelaki, perempuan sebaiknya tidak memakai sabun wajah khusus lelaki. Produk-produk itu diformulasikan untuk kulit yang tebal dan berminyak sehingga mungkin akan terlalu keras bagi kulit perempuan dan malah menyebabkan iritasi.

Baca Juga: Tak Cuma Bikin Enak Makanan, 3 Bumbu Dapur Ini Bisa Atasi Masalah Wajah

(Suara.com/Vania Rossa)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI