Wajib Tahu, Ini Cara Hilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Bye-bye ketombe.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 16 Januari 2019 icon 07:45 WIB
Wajib Tahu, Ini Cara Hilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Ilustrasi rambut berketombe. (Shutterstock)

Salah satu masalah rambut yang menjengkelkan dan memalukan adalah ketombe. Kalian pasti panik kalau dapat masalah ini. Tenang dulu, Girls. Ada cara hilangkan ketombe dengan lidah buaya, nih.

Biasanya masalah rambut berakar pada kulit kepala. Rambut sehat biasanya mempunyai kulit kepala yang sehat juga.

Seperti jenis kulit, jenis rambut juga berbeda setiap orang. Ada rambut kering, berminyak, dan sensitif. Namun, masalah umum untuk semua jenis rambut adalah ketombe.

Baca Juga: Setahun Puasa Sampo, Ini yang Terjadi pada Ibu dan Anak Balitanya

Ketombe bikin kita jadi nggak percaya diri. Selain itu memberi efek kulit kepala jadi gatal. Meskipun ketombe tidak terbatas dengan cuaca tertentu, tapi biasanya ketombe lebih sering muncul pada musim hujan.

Kondisi basah dan kering yang tiba-tiba bisa berubah harus dilalui kulit kepala kita saat hujan sehingga hanya memperburuk keadaan.

Ilustrasi lidah buaya / pixabay.com
Ilustrasi lidah buaya. (Pexels)

Selain produk perawatan rambut yang diiklankan di mana-mana, ada beberapa bahan alami yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe, salah satunya lidah buaya.

Baca Juga: Ubah Rutinitas Kecantikanmu dengan 5 Langkah Ini

Nah, di bawah ini ada cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya. Penasaran?

Kamu hanya perlu siapkan 2 sampai 3 daun lidah buaya dan 3 sampai 4 tetes minyak kayu putih.

Langkah pertama adalah potong daun lidah buaya secara vertikal dan ambil gelnya. Kemudian, kumpulkan di dalam sebuah mangkuk. Setelah itu blender lidah buaya segar tersebut.

Ilustrasi keramas. (PIxabay)
Ilustrasi keramas. (PIxabay)

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan tetesan minyak kayu putih dalam jus gel lidah buaya tersebut. Setelah tercampur, aplikasikan adonan itu ke kulit kepala hingga ujung rambut secara merata.

Diamkan sekitar 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih. Disarankan lakukan perawatan rambut ini secara rutin agar ketombe hilang secara cepat.

Baca Juga: Tak Hanya sebagai Pewarna Rambut Alami, Ini Manfaat Henna Lainnya

Lidah buaya memang dikenal sebagai bahan alami yang dapat melembapkan dan mengandung minyak esensial yang ampuh menghilangkan ketombe.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI