Beauty

Ini Perkiraan Biaya Operasi Plastik di Korea Selatan, Berapaan?

Ada yang berencana menjalani operasi plastik di Korea Selatan?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Artis Korea, Park Min Young. (Instagram/@rachel_mypark)
Artis Korea, Park Min Young. (Instagram/@rachel_mypark)

Dewiku.com - Pengaruh hallyu wave di Indonesia bisa dibilang semakin besar. Dunia hiburan Korea Selatan secara tidak langsung membuat masyarakat tertarik berkunjung ke Negeri Gingseng dengan berbagai tujuan, mulai dari sekedar berwisata, bertemu idola, hingga mengubah tampilan wajah melalui operasi plastik.

Operasi plastik di Korea Selatan memang terkenal berkualitas prima. Melansir dari Placid Way, Korea Selatan tercatat telah menarik 60 ribu pasien luar negeri pada 2009 lalu. Jumlah tersebut meningkat di tahun berikutnya hingga 85 ribu orang. Sebanyak 15.428 orang merupakan pasien operasi plastik.

Bicara soal operasi plastik di Korea Selatan, prosedur apa yang paling laris di sana? Rupanya, operasi kelopak mata atau blepharoplasty menjadi yang paling laris. Hal itu mengingat banyak orang Korea serta masyarakat Asia yang memiliki bentuk mata kecil atau sipit.

Mengutip List Crux, sebuah survei tahun 2010 menunjukkan ada lebih dari 44 ribu pasien yang melakukan operasi kelopak mata di Korea Selatan.

Selain blepharoplasty, beberapa jenis tindakan operasi plastik yang cukup digemari adalah rhinoplasty atau operasi memancungkan hidung, hingga pemotongan rahang untuk mendapatkan bentuk wajah oval dan mungil, serta sedot lemak.

Ilustrasi operasi plastik. (Shutterstock)
Ilustrasi operasi plastik. (Shutterstock)

Korea Selatan sendiri disebut-sebut menawarkan biaya operasi plastik dengan harga yang terjangkau. Kendati demikian, setiap klinik dan rumah sakit mempunyai kisaran biaya yang berbeda-beda.

Nah, kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan? Berikut adalah kisaran biaya operasi plastik di Korea Selatan, seperti yang dirangkum GoCare.

  • Operasi kelopak mata (blepharoplasty): Rp 27 jutaan – Rp 55 jutaan
  • Operasi pengencangan payudara: Rp 79,3 jutaan
  • Operasi pembesaran payudara (implan): Rp 120 juta – Rp 140 juta
  • Operasi pengecilan payudara: Rp 70 jutaan – Rp 100 jutaan
Ilustrasi operasi plastik. (Shutterstock)
Ilustrasi operasi plastik. (Shutterstock)
  • Operasi hidung (rhinoplasty): Rp 16,7 jutaan – Rp 110 jutaan
  • Operasi memperbaiki rahang: Rp 69,7 jutaan
  • Operasi pelebaran dahi: Rp 41,8 jutaan
  • Face lift: Rp 60 juta – Rp 90 juta
  • Liposuction (sedot lemak): Rp 41,8 jutaan
  • Tummy tuck (abdominoplasty): Rp 210 jutaan

Angka tersebut sudah termasuk biaya pemulihan dan obat-obatan pascaoperasi. Namun, biaya tersebut sudah jelas belum termasuk harga tiket dan akomodasi selama di Korea Selatan, lho. Gimana? Minat operasi plastik di Korea Selatan? (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Berita Terkait

Berita Terkini