Miris, Telinga Wanita Ini Diamputasi 2 Kali Gara-Gara Keranjingan Tanning

Anthea keranjingan tanning sampai terkena kanker kulit atau melanoma.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 07 Februari 2019 icon 20:32 WIB
Miris, Telinga Wanita Ini Diamputasi 2 Kali Gara-Gara Keranjingan Tanning

Ilustrasi telinga. (Pexels/Aleksandr Slobodianyk)

Memiliki warna kulit eksotis memang idaman banyak wanita di Eropa. Nggak heran jika mereka akan melakukan banyak cara agar bisa mendapatkan warna kulit yang kecokelatan, salah satunya dengan cara tanning. Begitu juga dengan Anthea Smith, wanita asal Inggris ini sudah keranjingan tanning bed selama 14 tahun.

Dalam kurun waktu itu, Anthea tidak menyadari jika proses tanning yang dia lakukan akan memberikan dampak negatif yang sangat mengerikan, yaitu kanker kulit atau melanoma.

Dilansir dari Mirror, Anthea awalnya didiagnosa memiliki kutil di telinga karena bagian luar kupingnya tumbuh ruam merah dan lama-kelamaan bercaknya menjadi kehitaman.

Baca Juga: Ini Cara Mulia Seniman Tato Beri Dukungan Penyitas Tubuh Cacat

Sejak 2010 dia sudah merasakan jika ada yang tidak beres dengan telinganya, namun hasil diagnosa dokter yang mengatakan itu kutil membuatnya abai.

Pemeriksaan kesehatan telinga. (Shutterstock)
Ilustrasi telinga. (Shutterstock)

 

Suatu hari ketika dia akan melakukan operasi plastik, dokter bedah melakukan biopsi. Hasilnya, dia diketahui mengalami melanoma stadium 3. Akhirnya dokter mengamputasi telinga Anthea 2 kali. Hal ini dilakukan agar sel kankernya tidak menyebar.

Baca Juga: Earphone Bisa Jadi Sarang Kuman, Bersihkan Pakai Cara Ini

Amputasi pertama, dokter menghilangkan telinga luar Anthea. Pada proses ini, Anthea merasa dirinya seperti Alien karena ada lubang yang langsung menembus gendang telinganya.

Ilustrasi perempuan tidak bisa mendengarkan suara lelaki. (Unsplash/Jessica Flavia)
Ilustrasi sakit telinga. (Unsplash/Jessica Flavia)

 

Amputasi kedua, dokter mengambil seluruh bagian telinganya termasuk kelenjar ludah. Pada fase ini, Anthea benar-benar tidak memiliki telinga karena seluruh bagiannya diangkat termasuk tulang temporal di area telinga. Beruntung, kini telinganya diganti dengan kuping prosetetis.

Setelah kejadian ini, Anthea sekarang aktif menyuarakan larangan perawatan tanning bed. Menurutnya, tak ada alasan baik untuk menggunakan tanning bed.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI