Jerawat Dewasa dan Sebabnya yang Perlu Kamu Tahu

Ketahui sebab jerawat dewasa untuk bisa mengatasinya!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 26 Februari 2019 icon 16:30 WIB
Jerawat Dewasa dan Sebabnya yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Berurusan dengan jerawat pada usia berapa pun bisa membuat frustasi, terlebih di usia yang sudah dewasa. Hal itu diperparah dengan tidak adanya perawatan yang terbukti berhasil meredakannya.

Kalau kamu belum tahu, berikut penyebab paling umum jerawat dewasa, seperti dilansir dari InStyle.

1. Hormon

Baca Juga: Jangan Ceroboh Gunakan Pasta Gigi untuk Keringkan Jerawat, Begini Faktanya

Hormon meningkat selama masa pubertas, tetapi kadar ini berubah sepanjang siklus menstruasi setiap bulan. Maka dari itu, jerawat dewasa lebih sering terjadi pada wanita daripada pria karena fluktuasi hormon yang sedang berlangsung, tetapi pria juga bisa mengalami jerawat dewasa.

Kalau perawatan jerawat topikal yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat dan benzoil peroksida tidak berfungsi, pengendalian kelahiran atau obat anti-androgen, spironolactone mungkin perlu diresepkan oleh dokter kulit.

Wajah berjerawat. (Pixabay/SharonMcCutcheon)
Wajah berjerawat. (Pixabay/SharonMcCutcheon)

2. Diet

Baca Juga: Coba Yuk, Begini Cara Hilangkan Komedo dengan Clay Mask dan Aspirin

Tingkat stres dan pola makan memengaruhi hormon, jadi sebaiknya perhatikan pola diet yang sedang dijalankan. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat berkontribusi jerawat pada beberapa orang. Sementara itu, produk susu juga dapat menjadi faktor bagi sebagian orang.

Kalau kamu berpikir mungkin penyebab jerawat dewasa adalah makanan, tidak ada salahnya untuk mencoba diet yang kaya akan sayuran, buah-buahan serta protein tanpa lemak.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

3. Produk skincare

Jika kamu menggunakan produk komedogenik dan terus berjerawat, mungkin sudah saatnya kamu mengganti rutinitas perawatan kulit. kulit orang dewasa cenderung sedikit berminyak daripada kulit remaja. Jadi carilah formula produk yang lebih lembut.

4. Kota

Baca Juga: Duh, Jerawat Jadi Masalah Kulit Wajah Sepanjang Masa

Kualitas udara di tempat tinggalmu mungkin bisa menjadi penyebab jerawat dewasa, lho. Polusi udara, termasuk kabut asap, bahan kimia, dan racun, dapat menyumbat pori-pori dan berkontribusi pada timbulnya jerawat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI