Beauty

Coba Perhatikan, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok

Setelah tau penyebab masalah rambut rontokmu, coba cari solusinya ya.

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi

Masalah rambut rontok. (Shutterstock)
Masalah rambut rontok. (Shutterstock)

Dewiku.com - Rambut rontok memang menjadi masalah umum yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Namun, sering kali masalah ini juga sangat menganggu. Nah, mungkin kali ini kamu harus perhatikan penyebab rambut rontok agar bisa mencari jalan keluarnya.

Ingat ya, kerontokan rambut harus ada batasannya juga. Jika dianggap sudah terlalu melampaui batas, saatnya kamu harus mencari tahu penyebab serta cara mengatasinya.

Mungkin selama ini kita menganggap jika masalah rambut rontok penyebabnya adalah dari kulit kepala. Padahal kenyataannya ada beberapa penyebab rambut rontok lainnya, seperti di bawah ini.

1. Penurunan berat badan drastis

Ilustrasi diet. (Unsplash/Jennifer Burk)
Ilustrasi diet. (Unsplash/Jennifer Burk)

 

Jika sekarang kamu sedang menjalani diet ketat untuk menurunkan berat badan, salah satu efek sampingnya adalah rambut kamu akan mengalami kerontokan dengan jumlah besar. Itu merupakan bagian dari proses adaptasi tubuh akan nutrisi yang diterima selama menjalani diet ketat.

2. Hipotiroid atau hipertiroid

Kelenjar tiroid membantu mengatur metabolisme tubuh dengan mengontrol produksi protein. Jika kelenjar tiroid tidak seimbang hingga menjadi hipotiroid atau hipertiroid, dengan begitu rambut akan merasakan dampaknya.

3. Kekurangan zat besi

Ilustrasi sakit. (Pexels)
Ilustrasi sakit. (Pexels)

 

Zat besi atau zinc menjadi salah satu komponen penting dalam penyusun protein rambut. Jika tubuh kekurangan zat besi, tak heran kalau rambut menjadi rontok dengan jumlah banyak. Disarankan untuk memperbaikinya dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi.

4. Stres

Stres bisa menjadi salah satu faktor penyebab rambut rontok. Sebab, jika pikiran sedang kalut akan membuat hormon androgen meningkat. Pada akhirnya, stres akan membuat rambut rontok melewati batas wajar.

5. Ketidakseimbangan hormon

Ilustrasi rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi rambut. (Shutterstock)

 

Salah satu penyebab rambut rontok adalah ketidakseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang bisa menimbulkan banyak persoalan dalam tubuh, salah satunya rambut rontok. Ketika hormon androgen mendominasi, saat itulah rambutmu akan mengalami kerontokan.

Berita Terkait

Berita Terkini