Beauty

Punya Bekas Jerawat? Ini Perawatan Rumahan yang Direkomendasikan Pakar

Perawatan rumahan yang tidak bikin dompet kosong.

Agung Pratnyawan | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Dewiku.com - Bagi banyak wanita, menghilangkan bekas jerawat terkadang lebih susah ketimbang menyembuhkan jerawat itu sendiri. Jika perawatan laser dan krim dokter dirasa terlalu mahal, ada kok perawatan rumahan dengan bahan yang terjangkau.

Dilansir dari Byrdie, berikut perawatan rumahan untuk bekas jerawat yang direkomendasikan pakar kecantikan!

1. Perasan lemon dan madu
Ramuan lemon dan madu sederhana dapat membantu mencerahkan kulit, sehingga meringankan hiperpigmentasi yang tertinggal dari jerawat.

Ilustrasi buah lemon untuk perawatan wajah. (Unsplash/rawpixel)
Ilustrasi buah lemon untuk perawatan wajah. (Unsplash/rawpixel)

 

Jus lemon mengandung asam sitrat yang merupakan asam alfa-hidroksi mirip dengan kandungan dalam chemical peeling. Madu sendiri sangat bagus untuk menjaga kulit terhidrasi dan mengobati peradangan.

Caranya celupkan kapas dalam air lemon segar dan oleskan ke bintik-bintik gelap. Ikuti dengan lapisan tipis madu dan biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas. Oleskan tiga kali seminggu selama tiga hingga empat minggu untuk melihat hasilnya.

2. Spot treatment menggunakan teh hijau
Angela Jia Kim, pendiri Savor Beauty and Spas , merekomendasikan perawatan super mudah dan bermanfaat. "Bahan acne fighter yang sebagian besar dari kita miliki di rumah adalah aspirin. Ini adalah asam salisiat alami yang dapat mengeringkan jerawat dan mengurangi pembengkakan," ujarnya.

Ilustrasi teh hijau. (Pexels)
Ilustrasi teh hijau. (Pexels)

 

Untuk meraciknya, cukup hancurkan dua aspirin dalam satu sendok teh hijau dingin yang mengandung antioksidan untuk melipatgandakan perlawanan terhadap jerawat . Campurkan hingga tekstur berubah seperti pasta.

Pastikan tangan bersih lalu oleskan pasta salisilat teh hijau ke jerawat sebagai spot treatment. Biarkan selama tiga hingga lima menit lalu bilas.

Berita Terkait

Berita Terkini