Bikin Kulit Kenyal, Ini Tips Mendorong Produksi Kolagen

Produksi kolagen dapat ditingkatkan dengan beberapa cara.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Maret 2019 icon 18:00 WIB
Bikin Kulit Kenyal, Ini Tips Mendorong Produksi Kolagen

Perawatan wajah. (Shutterstock)

Kolagen merupakan struktur protein penting di dalam tubuh. Bahkan, sebanyak 70 persen struktur kulit disusun oleh kolagen untuk membuatnya kencang dan sehat. Sayangnya, jumlah produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia.

Disampaikan spesialis kulit dan kelamin, dr Kardiana Purnama Dewi Sp.KK, kolagen berfungsi mempertahankan elastisitas kulit yang membuat kulit menjadi kenyal. Itu mengapa perempuan berusia lanjut cenderung mengalami keriput. Produksi kolagen yang menurun drastis.

Nah, untuk mendorong produksi kolagen, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Dr Kardiana mengatakan, kamu bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan hingga memperbanyak minum air putih agar kulit tetap kenyal walau usia terus bertambah.

Baca Juga: Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Avocado Oil

''Sebenarnya konsumsi buah-buahan, meski tidak bisa meningkatkan produksi kolagen secara langsung, tapi sangat membantu sekali. Coba deh, mulai sekarang punya resolusi minum air putih yang banyak sehari 2 liter, terus makan sayur dan buah pasti akan lebih segar. Kulit terasa lebih enak. Bukan berarti putih tapi kulit jadi nggak terlalu kering, lebih cerah dan segar,'' ungkapnya dalam temu media di Jakarta, Rabu (27/3/2019), seperti dikutip dari Suara.com.

Dr Kardiana menambahkan, produksi kolagen juga dapat didorong dari luar. Misalnya saja rajin menggunakan pelembab atau lotion dengan kandungan antioksidan.

Baca Juga: Mudah Banget, Ini Tips Atasi Kantung Mata dengan Minyak Zaitun

Menurut dia, selain usia, produksi kolagen bisa berkurang jika seseorang banyak terpapar radikal bebas dari polusi, konsumsi makanan tak sehat, hingga asap rokok. Itulah mengapa antioksidan menjadi penting dalam melawan kerusakan kolagen.

Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)

''Untuk mencegah penurunan atau penghancuran kolagen dari radikal bebas yang ada di mana-mana, bisa dari sinar uv, makanan junkfood, itu bisa dengan cara menambah asupan antioksidan. Bisa dengan makanan sehat, bisa juga dengan menggunakan produk yang ada kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas,'' terangnya.

Baca Juga: Bagus untuk Kulit, Konsumsi 6 Makanan Kaya Kolagen Ini

Banyak hal yang bisa memicu produksi kolagen sehingga kulit tetap kenyal. Buktikan saja tips-tips di atas. (Suara.com/Firsta Nodia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI